KIM Cerdas Tarumajaya Kabupaten Bandung Kembali Raih Gelar Juara Nasional

Bandung, Jawa Barat – Suluhnusantara news || Kabupaten Bandung kembali menorehkan prestasi cemerlang di tingkat nasional melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Tarumajaya dari Kecamatan Kertasari. Mereka berhasil meraih dua penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) pada malam Sabtu (28/10/2023). Penghargaan ini diberikan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Usman Kansong, dalam acara penutupan KIM Festival 2023 di Balai Pemuda, Alun-alun Kota Surabaya.

Malam apresiasi bagi para pegiat “KIM” merupakan inisiatif pertama yang melibatkan kolaborasi antara Kemenkominfo dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten/Kota. “Kategori penilaian KIM tahun ini masih terbatas, tapi diharapkan tahun depan dapat diperluas,” tutur Usman.

Dia berharap penghargaan dari Kemenkominfo tahun ini dapat mendorong semangat KIM dalam menyebarkan informasi dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

“Meskipun KIM Festival baru beberapa kali diselenggarakan, saya sangat bangga karena kualitas peserta KIM yang berkompetisi terus meningkat,” tambahnya.

Usulan dia, apresiasi dari Kemenkominfo RI tahun depan dapat lebih meningkatkan kemampuan para pegiat KIM, misalnya dengan memberikan pelatihan gratis atau kesempatan magang di Kemenkominfo RI.

“Bisa saja pemenang KIM diberi kesempatan magang selama satu minggu di Kemenkominfo yang seluruh biayanya ditanggung oleh kami, atau mengikuti program Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS),” jelas Usman.

Bupati Bandung, Dr. HM Dadang Supriatna, menyampaikan kebanggaannya terhadap KIM Cerdas Desa Tarumajaya yang berhasil mewakili Provinsi Jawa Barat dalam ajang bergengsi tersebut.

“Saya merasa senang dan bangga kepada para pegiat KIM dari Desa Tarumajaya yang telah bekerja keras membawa prestasi membanggakan bagi Provinsi Jawa Barat, terutama Kabupaten Bandung, di tingkat nasional ini,” ungkapnya.

Dadang juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut mendukung keikutsertaan KIM Cerdas Tarumajaya sehingga mereka mampu bersaing di tingkat nasional. Dia berharap KIM terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah, terutama di masing-masing desanya.

“Saya berharap ke depan kita mampu mengembangkan KIM di seluruh desa di Kabupaten Bandung agar mereka dapat berkontribusi positif dalam pembangunan di desa masing-masing. Aktivitas pembangunan desa yang berkelanjutan akan mendukung indeks pembangunan daerah secara keseluruhan,” jelasnya.

Yans

Penulis: YansEditor: St

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *