Peringati Hari Koperasi Nasional, Jadikan Koperasi Modern dan Kelola Secara Profesional

Ketua Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kalsel Sutjipto

BANJARMASIN,Suluhnusantara.News – Setiap 12 Juli Diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional. Momentum tahun ini agar Koperasi dijadikan sebagai Koperasi Modern yang membuat transparannya pengelolaan Koperasi dan menjadikan Anggota aman dalam menyimpan maupun menginvestasikan dananya ke Koperasi.

Ketua Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kalsel Sutjipto mengatakan, keberadaan Koperasi harus selalu disosialisasikan, termasuk untuk Generasi Gen Z wajib tahu serta Kesejahteraan sistem di Koperasi sudah jelas. Permodalan dan keuntungan untuk Anggota.

“Kalau bicara kesejahteraan, dari Anggota untuk Anggota. Kalau mau maju, Koperasi harus dikelola secara profesional,” ujar Sutjipto. Jumat (12/7/2024).

Dalam sistim kerja yang bagus, sudah dibawah binaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dan di masing-masing Daerah juga dibina oleh Dinas Koperasi Provinsi, Kota maupun Kabupaten. “Insyaallah aman,”  tegas Sutjipto.

Bila Koperasi sudah besar, ada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diharapkan permodalan dikumpulkan dari Anggota. Jadi jangan memandang Koperasi dengan sebelah mata. Mindset harus diubah,” tambah Sutjipto.

Koperasi bukan Yayasan dan bukan juga Organisasi. Tapi Koperasi adalah bisnis. Lembaga Keuangan yang orientasinya profit (keuntungan), yang berarti orang-orang yang mengelolanya harus punya kompetensi dalam hal mengelola keuangan dan bisnisnya.

Dengan momentum Hari Koperasi Nasional, Sutjipto mengimbau agar melakukan langkah-langkah transparan dengan melakukan jadi Koperasi Modern dengan digitalisasi adanya transparansi tadi, memberikan rasa aman bagi Anggota yang menyimpan uangnya di Koperasi dan bisa melihat tabungan yang ada, berapa yang disetorkan, berapa pinjamannya kalau ada transaksi yang belum diselesaikan,” pesan Sutjipto.

Jajaran Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah dengan Kantor Pusat Banjarmasin dan Kantor Layanan di Banjarbaru, Martapura, Barabai dan Kotabaru, berdiri sejak 2012, di 2024 ini mendapatkan Predikat Koperasi Modern dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Dengan menjadi Koperasi Modern dapat mengikuti jejak Perbankan yang membuat Anggota tanpa harus datang ke Kantor Koperasi untuk mengambil uang.  Anak-anak Muda diimbau untuk investasi uang agar aman dan berkah di Koperasi Syariah.*

(Rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *