Insan Pers Ikatan Jurnalis Pajajaran “IJP” Bersinergi  Dengan KPU Kabupaten Bandung Sukseskan Pilkada 2024

Bandung-Suluhnusantara.news|| Dalam sebuah kesempatan yang berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung yang baru diresmikan pada Kamis, 9 Agustus 2024, Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Jurnalis Pajajaran “IJP” Kabupaten Bandung menghadiri acara audensi bersama KPU.

 Ketua DPC IJP, Agus Supriadi SH, turut memberikan sambutan dalam acara tersebut dan mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang hangat dari KPU terhadap Ikatan Jurnalis Pajajaran di KPU Kabupaten Bandung. Agus menyatakan suatu kebanggaannya atas sambutan baik tersebut dan mengungkapkan bahwa tujuan utama dari audensi dengan KPU adalah untuk menjalin silaturahmi dan berpartisipasi aktif dalam tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2024.

 Beliau menjelaskan bahwa peran pers sangat penting dalam memantau dan menyajikan informasi kepada masyarakat selama tahapan pemilu yang sedang berlangsung. Agus juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara jurnalis dan KPU dalam menyebarkan informasi yang akurat, terkini, dan jelas tentang proses Pilkada Serentak kepada masyarakat Kabupaten Bandung, dengan harapan dapat mendorong partisipasi pemilih serta meningkatkan transparansi selama proses pemilihan.

 Tak hanya itu, Agus juga menyoroti pentingnya edukasi pemilih yang disampaikan oleh jurnalis, kolaborasi dalam pemantauan dan pengawasan proses Pilkada, sosialisasi program terkait Pilkada, serta upaya untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, integritas, dan kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi, yang diharapkan dapat terwujud melalui kolaborasi antara DPC Ikatan Jurnalis Pajajaran Kabupaten Bandung dengan KPU.

 Peran penting dan strategis pers dalam Pilkada juga dipaparkan dengan jelas oleh Agus, di antaranya adalah dalam menyampaikan informasi terpercaya terkait calon, program kerja, visi-misi, serta hal-hal terkait Pilkada kepada masyarakat. Selain itu, pers juga memiliki tanggung jawab untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat, memantau jalannya Pilkada dengan objektif dan kritis, serta menjaga etika jurnalistik dalam melaporkan berita terkait Pilkada.

 Dengan keterlibatan pers,Ikatan Jurnalis Pajajaran dengan baik dan komprehensif, diharapkan pemilihan kepala daerah dapat berlangsung dengan integritas, transparansi, dan partisipasi masyarakat yang tinggi untuk mewujudkan proses demokrasi yang kuat dan berkelas.”tutupnya.*

Yans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *