KW Dusmala Mura Menangkan Juara 1 Karnaval Budaya 2024

Murung Raya.Suluhnusantara.News – Kerukunan Warga Dusun Ma’anyan dan Lawangan (KW Dusmala) Kabupaten Murung Raya (Mura) meraih penghargaan tertinggi sebagai Juara 1 dalam Karnaval Budaya Mura Tahun 2024 untuk Kategori Umum. Penghargaan ini diberikan oleh Pj Bupati Murung Raya di malam resepsi HUT ke-79 Republik Indonesia di Halaman GOR Indoor Jorih Jerah, Puruk Cahu, pada Sabtu malam (17/08/2024).

Ketua KW Dusmala, Kusno Pranoto, S.Pd., M.M, menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas prestasi ini.

“Kami sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah dan kekuatan yang diberikan kepada kami,” ujarnya.

Kusno juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya yang telah memberikan kesempatan bagi KW Dusmala untuk berpartisipasi dalam perayaan HUT Mura ke-22 dan HUT RI ke-79 tahun ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk ambil bagian dalam karnaval budaya tahun ini,” tambahnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh anggota keluarga besar Dusmala Murung Raya atas dukungan moril dan materiil yang diberikan.

“Dukungan dari semua pihak, baik tenaga maupun pikiran, sangat berarti bagi kami sehingga kami bisa tampil maksimal dalam karnaval budaya tahun ini,” kata Kusno.

Tema yang diusung oleh KW Dusmala dalam karnaval kali ini adalah “Lewu Hante” (Rumah Betang) yang menampilkan kearifan lokal masyarakat Dayak, khususnya Dusmala. Mereka menampilkan berbagai aktivitas tradisional seperti meraut rotan, menumbuk padi, menggiling padi, menampi beras, serta mencari ikan secara tradisional. Tidak ketinggalan, mereka juga menampilkan tarian tradisional seperti wadian bawo dan dadas untuk mengenalkan budaya dan kearifan lokal kepada generasi muda.

Prestasi tahun ini merupakan kali kedua KW Dusmala meraih Juara 1 dalam Karnaval Budaya Mura, setelah sebelumnya meraih gelar yang sama pada tahun 2019. Kusno berharap prestasi ini menjadi berkah bagi seluruh anggota KW Dusmala dan menunjukkan kerukunan, kebersamaan, serta kekompakan tim dalam melestarikan budaya adat Dusmala.

“Kami berterima kasih kepada dewan juri dan semua pihak yang telah mendukung, sehingga Dusmala Murung Raya bisa menjadi yang terbaik tahun ini. Ini adalah kemenangan kita semua, kemenangan Dusmala Murung Raya,” pungkas Kusno.*

(M.Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *