Maret Samuel Sueken Resmi Menjadi Komisaris Independen PT Rekayasa Industri

Jakarta,Suluhnusantara.news – Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Maret Samuel Sueken sebagai Komisaris Independen PT Rekayasa Industri (Rekind). Penunjukan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: 32713/A/HK/A0202/ET/2024 yang ditandatangani pada 19 Oktober 2024.

Maret Samuel Sueken, yang dikenal sebagai Ketua Umum sekaligus pendiri Relawan JPKP (Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan), memiliki pengalaman luas sebagai profesional di bidang teknik, khususnya dalam industri minyak dan gas. Dengan karier lebih dari 20 tahun yang dimulai sejak 1999, ia telah berkecimpung dalam berbagai proyek besar, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Mengawali kariernya sebagai engineer, dedikasinya mengantarkan Maret Samuel hingga posisi Senior HUC (Hook Up and Commissioning) Corporate Manager di salah satu perusahaan T&I dan EPCC Contractor terkemuka di Indonesia. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Construction Manager, Commissioning Manager, Interface Manager, dan Project Manager di beberapa proyek strategis.

Maret juga sebelumnya pernah menjabat sebagai Komisaris Independen PT Djakarta Lloyd, BUMN yang bergerak di bidang transportasi laut. Namun, ia memutuskan mundur untuk bergabung dalam Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran dalam Pemilu Presiden yang lalu.

Selain perannya di Rekind, Maret juga terlibat aktif dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Ia turut berkontribusi pada proyek-proyek besar, seperti pembangunan tol serta kawasan inti pusat pemerintahan, termasuk gedung-gedung Sekretariat Negara dan jaringan listrik PLN di kawasan tersebut.

Rekam Jejak Profesional Maret Samuel Sueken

Industri Minyak dan Gas: Maret mengawali kariernya di industri minyak dan gas dengan pengalaman selama 23 tahun di sektor T&I dan EPCC. Mulai Desember 1999 hingga Oktober 2022, ia bekerja di beberapa perusahaan ternama, termasuk Cegelec PT Indokomas Buana Perkasa (1999-2011) dan Offshore Division PT Timas Suplindo (2011-2020).

PT Djakarta Lloyd: Dari 21 Oktober 2022 hingga 18 Februari 2024, Maret menjabat sebagai Komisaris Independen sekaligus Ketua Komite Audit di PT Djakarta Lloyd sebelum mengundurkan diri untuk mendukung TKN Prabowo-Gibran.

Proyek Jalan Tol IKN: Pada Mei hingga Juli 2023, ia berperan sebagai tenaga ahli di proyek tol IKN segmen KKT Kariangau – SP Tempadung bersama KSO WIKA-PP-JAKON. Pembangunan Gedung di IKN: Saat ini, Maret aktif sebagai tenaga ahli pada proyek pembangunan gedung di kawasan blok kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di IKN.

Pembangunan Bandara PT Amman: Mulai Juli 2024, ia juga terlibat sebagai tenaga ahli dalam pembangunan bandara milik PT Amman di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

PLN UID Kaltimra: Pada Juni 2024, ia dipercaya sebagai tenaga ahli elektrikal untuk proyek jaringan listrik di kawasan inti pusat pemerintahan IKN tahap 1, yang dikelola oleh PT PLN UID Kaltimra.

Pengalaman dan dedikasi Maret Samuel Sueken harapannya bisa membawa dampak positif bagi PT Rekayasa Industri serta mendukung pengembangan proyek-proyek besar strategis yang tengah digalakkan pemerintah.(Red).

Penulis: M.IlmiEditor: Dmn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *