Berita  

Palaksa Lanal Banyuwangi Hadiri Kemeriahan Festival Gandrung Sewu 2024

BANYUWANGI.Suluhnusantara.News – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz., M.Tr.Opsla yang diwakili Palaksa Lanal Banyuwangi Mayor Marinir I Nyoman Suarmika bersama jajaran Forkopimda Banyuwangi menghadiri Festival Gandrung Sewu 2024.

Event yang rutin digelar setiap tahun oleh Pemkab Banyuwangi itu, berlangsung di tepi Pantai Marina Boom yang menjadi tempat pertunjukan berlatar laut Selat Bali, pada sabtu (26/10/2024).

Festival seni yang dibawakan oleh 1350 Penari Gandrung mulai dari pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA tersebut, menyuguhkan atraksi tari Asli Banyuwangi yang menampilkan beragam kesenian khas Bumi Blambangan.

Tahun ini, pagelaran Gandrung Sewu mengangkat tema “Payung Agung” The Diversity of Culture, sebagai representasi keberagaman etnis mulai suku Osing, Jawa, Madura, Mandar, dan Bali. Juga menjadi jendela beragamnya kekayaan budaya nusantara yang hidup secara harmonis di Banyuwangi.

Dalam keterangannya, Danlanal melalui palaksa Lanal Banyuwangi berharap, melalui festival ini generasi muda Banyuwangi semakin mencintai budaya daerahnya dan terus melestarikannya.

“Semoga Gandrung Sewu semakin dikenal di tingkat nasional maupun internasional, menjadi ikon budaya yang mendunia dan mengharumkan nama Indonesia,” ujar palaksa Lanal Banyuwangi

Pewarta : Cipto

Penulis: Singgih Editor: Singgih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *