Akibat Sungai Cigede Dayeuhkolot Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Bandung,- Suluhnusantara.news ||Rumah milik Wahyu (50) di Kampung Lamajang Peuntas RT.02/RW17 Desa Citereup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Senin (25/12/2023) dini hari jebol dihantam terjangan Sungai Cigede yang meluap.

Akibatnya rumah Wahyu yang dihuni 7 jiwa ini rusak berat dan  dinding rumah jebol membuat lobang cukup besar, akibat hujan deras dan debit air besar di Sungai Cigede, anak Sunga Citarum ini meluap dan deras.

Betul, rumah Wahyu jebol di bagian ruang tamu dengan ukurah 3×3 meter akibat diterjang luapan Sungai Cigede,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama ketika dikonfirmasi Ke awak media, Senin (25/12/2023).

Menurut Uka, peristiwa itu terjadi pada pukul 02.00. “Selain rumah Wahyu jebol, sebanyak ratusan rumah di RW 17 yang dihuni 303 KK akibat luapan Sungai Cigede meluap ini terendam,” kata Uka

Menurut Uka, berdasarkan hasil assessment dan mitigasi bencana banjir yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten, pihaknya mengimbau kepada masyarakat sekitar longsoran agar berhati-hati apabila terjadi hujan kembali.

Segera membersikan lumpur dan sampah. BPBD akan membuat surat rekomendasi ke BBWS dan Disperkimtan untuk warga yang terdampak untuk tidak menempati terlebih dahulu karana masih assesment dan masih proses penangan,” ungkap Uka.

Kebutuhan darurat saat ini sambung Uka, karun, terpal, singkup, pacul, makanan siap saji, air mineral, alat kebersihan dan familykit. (TIM)*

Rev. Yans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *