Anggota Kodim 1013/Muara Teweh Hadiri Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Muara Teweh,Suluhnusantara.news – Anggota Kodim 1013 /Muara Teweh (Mtw)menghadiri Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara. Acara ini berlangsung di Halaman Kantor Pemerintah Daerah di Jalan Ahmad Yani, Kota Muara Teweh, pada Rabu (5/6/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis, yang mengangkat tema “Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan.” Dalam sambutannya, Drs. Muhlis menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat atas meningkatnya kesadaran terhadap lingkungan hidup.

Drs. Muhlis dalam sambutannya menekankan bahwa “Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat dampak perubahan iklim.”

Lebih lanjut, Drs. Muhlis menambahkan, “Degradasi lahan sangat penting untuk dihentikan. Lahan menjadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Lahan mendukung perekonomian, kehidupan, dan mata pencaharian. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen ‘terobosan besar’ bagi perbaikan lahan sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan.”

Dalam kesempatan terpisah, Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf Agussalim Tuo S.H., M.IP, mengajak masyarakat untuk menggerakkan dan meningkatkan partisipasi dalam menjaga lingkungan.

“Mari kita bersama-sama menyelamatkan bumi dengan membuang sampah secara benar, mengurangi polusi sampah plastik karena plastik lambat terurai. Daur ulang penting untuk menjadikan sampah bernilai guna. Selain itu, mari kita galakkan penghijauan dan reboisasi untuk menjaga hutan tetap lestari. Gerakan penanaman perlu dihidupkan lagi di seluruh masyarakat Barito Utara,” tutup Dandim 1013 Muara Teweh.*

(Pendim 1013/Mtw) .

(M.Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *