Antisipasi Terjadinya Inflasi, Pj Bupati Pamekasan Melakukan Operasi Pasar

Pamekasan, Suluhnusantara.news – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, melakukan operasi pasar dalam upaya menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok, Rabu (24/012024).

Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan, Masukin mengatakan, intervensi pemerintah ini dilakukan agar semua harga kebutuhan tetap stabil sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

“Tujuannya agar supaya tidak ada kepanikan di masyarakat dan masyarakat dapat menjangkau serta membeli kebutuhan pokoknya. Jadi operasi pasar ini kita lakukan sesuai dengan kondisi hari-perhari komoditas pangan ini,” katanya.

Dan menurutnya, saat ini harga kebutuhan sudah mulai berangsur-angsur stabil berkat adanya operasi pasar oleh pemerintah, namun demikian masih terdapat beberapa kebutuhan pokok saja yang masih agak tinggi salah satunya cabai, beras dan lainnya sebagainya.

Selain memantau harga kebutuhan pokok, dalam operasi pasar kali ini Pj Bupati Pamekasan juga menyediakan beras murah medium jenis Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) dengan kemasan lima kilogram yang dijual Rp 54 ribu, sedangkan harga di pasaran tembus sampai Rp 65 ribu per lima kilogram. Dalam operasi pasar kali ini, Pemkab Pamekasan menggandeng Bulog setempat.

Pj Bupati yang mantan Sekdakab itu berencana akan terus melakukan operasi pasar lagi jika kebutuhan pokok masyarakat masih tetap tinggi. “Jika memang harga belum stabil, kita lakukan operasi pasar lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap operasi pasar yang digelar dapat menekan lonjakan harga di pasaran sehingga harga tetap stabil yang pada akhirnya berdampak pada pengendalian inflasi daerah.

“Kami akan selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi ketersediaan kebutuhan pokok maupun kebutuhan penunjang lainnya. Jadi kalau ada kenaikan dan sebagainya kita cepat tahu dan merencanakan langkah selanjutnya,” pungkasnya.(Tiem)

Jurnalis : Baihaki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *