Antisipasi Terjadinya Kecelakaan, Sat Lantas Polres Aceh Bireuen Lakukan Tes Urine Terhadap Sopir Angkutan Umum

Bireuen.Suluhnusantara.News – Dalam upaya mencegah terjadinya fatalitas Kecelakaan Lalu lintas dan meningkatkan keselamatan di jalan raya, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Bireuen Polda Aceh melaksanakan pemeriksaan urine terhadap sopir angkutan umum yang sedang melintas di wilayah hukumnya, yang dimulai sekira pukul 07.30 hingga 09.00 Wib  tepatnya Terminal (TIpe B) Bireuen   pada Selasa 25 Juni 2024.

Kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Bireuen  Mulyadi SH., dengan melibatkan personel terkait baik dari KBO Satlantas Polres Bireuen,Kabid Darat Perhubungan kota Bireuen Personil Kodim Bireuen para Kanit Satlantas, Polres Bireuen Kepala jasaraja Bireuen Personil Humas polres Bireuen Kadis Dinas Perhubungan Bireuen BNN Kabupaten Bireuen.

Pemeriksaan urine ini melibatkan pengujian sampel dari sebanyak 10 sopir dengan menggunakan alat One step Diagnostic Rapid. Hasil pemeriksaan oleh petugas Sidokes dari ke 10 orang Sopir bahwa semua sampel urine tersebut menunjukkan Negatif.

Kasat Lantas menyatakan, pemeriksaan ini merupakan bagian dari upaya mencegah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Aceh Bireuen

“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa para sopir angkutan umum bebas dari pengaruh narkoba, sehingga dapat mengemudikan kendaraannya dengan aman dan tidak membahayakan penumpang maupun pengguna jalan lainnya,” ujar Kasat Lantas Bireuen.

Selain pemeriksaan urine, Petugas Satlantas juga memberikan himbauan agar para Sopir mengutamakan keselamatan Penumpang maupun pengguna jalan lain, jika lelah atau mengantuk usahakan istirahat dahulu dan tidak ugal ugalan (kebut kebutan) saat dalam perjalanan, sebut Kasat Lantas Bireuen berujar, langkah ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman bagi masyarakat di Wilayah Bireuen.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Kesadaran para sopir angkutan umum akan pentingnya keselamatan berkendaraan akan lebih meningkat. Di samping itu diharapkan juga menjadi contoh bagi pengemudi lainnya untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak menggunakan narkoba saat berkendara, ujar Kasat Lantas Bireuen Mulyadi SH.*

Zainal Abidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *