Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) di Kecamatan Nagrak dan Kecamatan Ciambar Menguatkan Kapasitas Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Tahun 2023

Sukabumi, Suluhnusantara.News – Sebanyak 99 anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) yang berada di wilayah Pemerintah Kecamatan Nagrak dan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, telah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) untuk peningkatan kapasitas pada tahun 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Lembah Tirta Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu, 25 November 2023. Bimtek ini dihadiri oleh Camat Nagrak, Adang Setianda S.I.P, Kepala Bidang Pemerintahan Desa di DPMD Kabupaten Sukabumi, Bapak Hodan Firmansyah S.I.P MM, dan tamu undangan lainnya.

Camat Nagrak, Adang Setianda S.I.P, menjelaskan bahwa tujuan dari bimtek peningkatan kapasitas BPD ini adalah untuk memperkuat peran BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, agar mereka mampu mengakomodasi serta mengalirkan aspirasi masyarakat desa, serta menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang efisien.

Beliau menyatakan, “Peran BPD dalam penyelenggaraan desa adalah untuk mengawal aspirasi masyarakat, menjaga kewibawaan dan stabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, serta memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.”

Selain itu, Camat Nagrak Adang Setianda S.I.P menekankan bahwa salah satu fungsi BPD adalah untuk membahas dan menyetujui rancangan Peraturan Desa (Perdes). Ini mencakup Perdes terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), yang harus ditetapkan di tingkat desa, serta berperan langsung dalam pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Camat Nagrak Adang Setianda S.I.P menyatakan bahwa peningkatan kapasitas BPD juga bertujuan untuk mendukung 10 program unggulan Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, MM, dan visi “Sukabumi Bermartabat” yang mencakup prinsip-prinsip kebersihan, religiusitas, kemajuan, keadilan, kemakmuran, dan kehebatan.

Reporter: Idam Wakaperwil Jabar

Penulis: IdamEditor: St

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *