Bantuan Pasang Baru Listrik untuk 872 Rumah Tangga Tidak Mampu di Kabupaten Murung Raya

Murung Raya – Suluhnusantara.news || Pada Senin (30/10/2023), Dr. Ir. Willy M Yoseph, M.M, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari Komisi VII, telah secara resmi meresmikan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Desa Bahitom, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya. Sebanyak 872 rumah tangga kurang mampu di Kabupaten Murung Raya menerima bantuan instalasi listrik secara gratis dari BPBL, sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI bekerja sama dengan DPR.

Dr. Ir. Willy M Yoseph, M.M, anggota DPR RI, menjelaskan bahwa program BPBL merupakan hasil inisiatif dari anggota Komisi VII dan telah mendapat respons positif dari pemerintah. “Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan sambungan listrik baru bagi masyarakat yang kurang mampu,” ungkapnya.

Dalam upacara peresmian, Dr. Willy menyampaikan perasaan haru dan kebahagiaannya, di mana lebih dari 872 rumah tangga tidak mampu di Kabupaten Murung Raya secara simbolis menerima listrik di desa tersebut.

“Iterasi program BPBL tahun ini melibatkan 5 Kecamatan di Kabupaten Murung Raya, yakni Kecamatan Murung, Kecamatan Tanah Siang, Kecamatan Permata Intan, Kecamatan Laung Tuhup, dan Kecamatan Tanah Siang Selatan,” paparnya.

Dr. Willy M Yoseph juga mengungkapkan bahwa Kalimantan Tengah akan mendapatkan lebih dari 5.200 sambungan listrik baru untuk masyarakat tidak mampu yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kalteng.

“Pemerintah berencana menyediakan sekitar 80.000 sambungan listrik baru bagi masyarakat kurang mampu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal ini merupakan bagian dari upaya negara untuk menjangkau rumah-rumah orang tidak mampu dan desa-desa di seluruh Indonesia,” terang Dr. Willy.

Dr. Willy juga mengucapkan terima kasih kepada PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan program ini. Ia menekankan betapa pentingnya listrik dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana kehadiran listrik dapat membawa kebahagiaan kepada masyarakat.

“Sebagai wakil rakyat, kami bertekad untuk terus berjuang agar seluruh desa dan kelurahan di Kalimantan Tengah, dari total 1.571 desa dan kecamatan yang ada, dapat segera terlistriki. Upaya ini merupakan langkah menuju kemerdekaan dari kegelapan bagi masyarakat,” pungkas Dr. Willy.

Penulis: M. Ilmi

Penulis: IlmiEditor: St

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *