Polri  

Bhabinkamtibmas Pospol Sungai Babuat Polsek Permata Intan Giat Ini

Murung Raya – Suluhnusantara.News || Dalam rangka memberantas praktik pungutan liar atau Pungli, Bhabinkamtibmas Pospol Sungai Babuat merupakan bagian dari Polsek Permata Intan, Polres Murung Raya (Mura), Polda Kalteng, aktif laksanakan kegiatan sosialisasi Saber Pungli.

Acara sosialisasi dan himbauan tersebut di Desa Tumbang Kolon, Kecamatan Sungai Babuat pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat Desa Tumbang Kolon, di mana mereka menerima penyuluhan secara langsung mengenai Saber Pungli.

Bhabinkamtibmas Polsek Permata Intan, Bripka Jusoa S Simbolon, menjelaskan pentingnya memahami Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Pungli).

Dalam sosialisasi ini, Bripka Jusoa S Simbolon juga memamerkan spanduk dan berfoto bersama dalam upaya untuk memperjelas informasi seputar Saber Pungli. Masyarakat di Desa Tumbang Kolon.

“Ia mengingatkan bahwa pungutan liar adalah tindakan ilegal yang dapat mendapatkan sanksi hukum, baik bagi pemberi maupun penerima pungli,” tandas Bripka Jusoa.

Kapolsek Permata Intan, Ipda Rio Desenataliato Makota, S.Th., M.Pd., melalui Bhabinkamtibmas Bripka Jusoa menyampaikan, “Pentingnya pengawasan dari seluruh lapisan masyarakat juga disoroti,” katanya.

“Karena siapa pun memiliki kewajiban untuk melaporkan tindakan pungli kepada Satgas Saber Pungli jika mereka menemui adanya praktik semacam itu,” terangnya.

Bripka Jusoa menyampaikan, Selama berlangsungnya kegiatan sosialisasi situasinya berjalan dengan aman dan kondusif.

Upaya ini merupakan langkah dalam memerangi pungutan liar, yang merugikan masyarakat dan menciptakan ketidaksetaraan dalam pelayanan publik.

“Semoga sosialisasi ini dapat menjadi langkah awal menuju masyarakat yang lebih sadar akan hak-hak mereka dan memberantas praktik pungutan liar di wilayah hukum Polsek Permata Intan,” pungkas Bripka Jusoa.

(M.ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *