Budaya Sedekah Adat Hampir Hilang di Telan Jaman, namun Desa Sejagung Banyuasin,Patut di Soroti

Banyuasin,Suluhnusantara.News-
Desa Sejagung ,Kec Banyuasin ,prov Sumsel,Masi kental adat budaya nya.
Seperti ,Sedekah Adat .

Sedekah adat bagi warga Desa Sejagung, Banyuasin ,masih bisa kita temukan sebagai salah satu budaya tradisional yang layak dilestarikan.

Sedekah adat yang kali ini dilaksanakan di kabupaten Banyuasin, tepatnya di Desa Sejagung Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin, begitu mengharukan dan memotivasi,19 Januari-2024

Kegiatan pelaksanaan sedekah adat ini dihadiri oleh seluruh perangkat Desa Sejagung, dan masyarakat dengan khidmat dan meriah.

Menurut masyarakat Ds Sejagung Kec Rantau Bayur Kab Banyuasin, Tradisi sedekah adat disini masih dianggap sakral dan dilaksanakan untuk berdoa ,keselamatan dan kesehatan bagi masyarakat di lingkungan .

Dimana di laksanakan sedekah adat ini khususnya dan masyarakat khalayak banyak pada umumnya.

Kegiatan tersebut dihadiri lansung oleh Kades Sejagung, Bpk Ashar Muslimin, Ketua BPD Damendra Armin,
Dan tokoh-tokoh masyarakat desa Setempat, dengan penuh hikmah.

Disebut oleh seorang warga
masyarakat setempat,sebut saja,” Din,.saat diwawancarai awak media dia merasa senang dengan adanya sedekah adat ini;

“Sangat bersyukur pak, dengan adanya sedekah adat ini, kami warga desa berharap mendapat kesehatan dan keselamatan kepada Allah SWT”
Ujarnya.

Begitu pun ditanggapi oleh kades sejagung, Ashar Muslimin sedekah adat ini dikerjakan secara kerelaan hati mengharap kebaikan dari Allah SWT.

“Alhamdulillah, masyarakat begitu bersemangat dengan adanya sedekah adat ini. Tidak ada yang kita harap, kecuali ridho Allah SWT dan keberkahan nya”
Ungkap, Ashar Muslimin.

Tontonan yang mengharukan yang menampakkan erat nya persaudaraan dan kebersamaan di Ds Sejagung tersebut, Tercermin indah,lestari,membudaya, dengan suasana sedekah adat tersebut.

Report,
Aswani,Tj Menang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *