Cegah Stunting Terhadap Anak, Pemdes Kalijurang Brebes Gelar Rakor Rumah Desa Sehat Rembug Stunting

Brebes. Suluhnusantara.news – Dalam upaya mencegah dan mengatasi Stunting  terhadap anak anak Pemerintah Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes melakasanakan Rapat Koordinasi Rumah Desa Sehat (RDS) Rembug stunting yang dilaksanakan di aula balaidesa Kalijurang setempat. Kamis, (06/06/2024).

Kepala Desa Kalijurang H. Edi Riyanto SH,  melalui sekretaris desa Munasik S.sos. menyampaikan dalam acara tersebut merupakan komunikasi berkaitan dengan tentang rencana atau penanganan  membahas masalah-masalah kesehatan yang ada diwilayah Desa Kalijurang.

Lanjut Munasik. Dalam giat tersebut  tentang  masalah stunting sudah menjadi  prioritas nasional  sehingga di setiap desa harus melaksanakan rapat Rumah Desa Sehat (RDS) Rembug stunting, merupakan  bagian upaya serius dalam mengatasi persoalan tumbuh kembang  pada anak anak .

Dikatakan Munasik dalam giat ini berdasarkan  jadwal dari kecamatan, pemerintah desa hanya memfasilitasi giat tersebut. Alhamdulillah  untuk Desa Kalijurang sendiri sebenarnya sudah rutin dilakukan  setiap tahun dan sudah di anggarkan untuk pencegahan stunting berasal dari Dana Desa.

Giat tersebut  Pemdes Kalijurang telah menganggarkan  senilai Rp. 65.600.000 pada tahun 2024,  di peruntuk diantara lain  giat PMT Pencegahan Stunting, serta PMT Bayi dan Ibu Hamil, Perlengkapan PAUD, dan  kegiatan posyandu dan lain sebagainya.

Saya berharap dalam mengatasi masalah pencegahan atau penekanan stunting agar bisa berkerjasama dengan berbagai lembaga kemasyarakatan desa seperti LPMD, RW, RT, Kader Posyandu, dan KPMD serta TP PKK dan Stakeholder, karena  merekalah merupakan garda terdepan mengetahui presis di lingkungan di sekitarnya. “Tandasnya.

Sementara itu Koordinator  pedamping desa Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Nanang syaefudin menyampaikan  apresiasi kepada pemerintah desa Kalijurang telah melaksanakan rapat Rumah Desa Sehat  Rembug Stunting berlangsung  berjalan  dengan baik dan lancar.

Giat tersebut dalam rangka evaluasi  Pencegahan dan Penanganan stunting, tentang  kesehatan yang sudah di Kerjakan oleh pemdes Kalijurang tahun 2024 ada penurunan  dibandingkan dengan tahun sebelumnya .

“Dalam pencegahan dan penanganan stunting, sebuah masalah serius yang mempengaruhi pertumbuhan anak-anak di pedesaan, dan mental individu serta menghambat perkembangan sosial.

Lanjut Nanang, giat tersebut pentingnya adalah bisa kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan dalam mengatasi Stunting perlu adanya upaya bersama sama untuk menangani masalah ini secara preventif.

Dalam penanganan stunting pemerintah desa perlu diutamakan melakukan intervensi spesifik dan prioritas penggunaan DD untuk penurunan stunting, serta peran seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam penurunan stunting.

Dikatakan Nanang giat tersebut tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi yang seimbang dan perawatan kesehatan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal anak-anak, mari tuntaskan bersama sama  masalah stunting yang ada di wilayah kabupaten Brebes. “Pungkasnya.*

 (Rizal Sismoro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *