Ciptakan Kebersamaan Dan Bangun Ketahanan Wilayah Melalui Komsos Babinsa

Barabai,Suluhnusantara.News  – Wujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, sekaligus menciptakan kebersamaan dalam membangun ketahanan wilayah, Babinsa jajaran Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah rutin melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara Serda Agus Arahman melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) sekaligus pendampingan kepada M.Mubarak salah satu peternak sapi di Desa Kasarangan RT.003 RW .001 Kecamatan Labuan Amas Utara Kab. Hulu Sungai Tengah. Minggu (12/05/2024).

Dalam kesempatan komsos Serda Agus Arahman mengatakan bahwa pendampingan yang dilakukannya bertujuan agar peternak sapi bertambah semangat serta dapat mendengarkan semua keluhan tentang kebutuhan para peternak sapi, sehingga sapi ternak dapat dipelihara dengan baik dan sehat.

“Peran serta Babinsa dalam pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Sebagai pendamping selalu mengimbau kepada para peternak sapi untuk selalu cermat memelihara ternaknya dengan pola kebersihan lingkungan dan makan yang sehat supaya ternaknya tetap terjaga, sehingga pertumbuhan dan perkembangbiakan ternak sapi dapat meningkat pesat dan dapat memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan,

“Bila adanya indikasi wabah PMK yang dicurigai, warga kita imbau segera melapor ke kita agar dapat dilakukan upaya pencegahan untuk berkoordinasi dengan Dinas Peternakan agar penularan tidak meluas,”imbuhnya

Sementara itu ditempat terpisah, Danramil 1002-08/Labuan Amas Utara Kapten Inf Rudi Hartono mengungkapkan bahwa disamping tugas dan tanggung jawabnya untuk membina wilayah, Babinsa juga  ikut aktif melaksanakan monitoring tentang kesehatan hewan ternak untuk pencegahan dan antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dapat menyerang dan menjangkiti hewan ternak warga.

Diketahui, wabah PMK tersebut sangat berbahaya bila sampai menjangkiti, ternak akan mengakibatkan kematian.

Untuk mencegah hal itu, Babinsa kami terus melakukan pemantauan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki ternak sapi dan kambing yang ada di wilayah Kecamatan Labuan Amas Uyata untuk selalu memperhatikan kesehatan ternak, kebersihan kandang dan sumber makan, serta melakukan vaksinasi agar hewan ternak peliharaan lebih kebal terhadap virus dan kuman penyebab penyakit.

Dan melalui komukasi sosial inilah para Babinsa dapat langsung berinteraksi dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah binaan dalam rangka mendukung tugas pokok satuan,”tegas Danramil. (pen1002hst)

(Reporter :  Raihan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *