Danramil 1013-13/Sungai Babuat Hadiri Acara Rehabilitasi Lahan Kritis Dan Penanaman Pohon PT. IMK Di Kecamatan Sungai Babuat

Murung Raya,Suluhnusantara.News – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT. IMK bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Murung Raya dan Muspika Sungai Babuat menggelar acara rehabilitasi lahan kritis dan penanaman pohon di Kecamatan Sungai Babuat, Kamis (20/06/2024).

Kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam mendukung gerakan penanaman pohon yang berkesinambungan di daerah tersebut. Dalam sambutannya, Danramil 1013-13/Sungai Babuat, Peltu Nurwan Syahroni, menekankan pentingnya kontribusi dari berbagai pihak dalam pelestarian hutan dan rehabilitasi lahan kritis.

“Gerakan penanaman pohon yang berkesinambungan harus terus ditingkatkan dan kontribusi berbagai pihak perlu terus digalang, sebagai wujud tanggung jawab bersama,” ujar Peltu Nurwan Syahroni.

Ia juga mengajak masyarakat setempat untuk aktif menjaga hutan dan ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon. “Masyarakat merupakan garda terdepan dalam menjaga kelestarian hutan di daerah Kecamatan Sungai Babuat. Hutan bukan hanya warisan nenek moyang yang bisa dinikmati manfaatnya, melainkan titipan untuk generasi mendatang,” tambahnya.

Danramil Sungai Babuat juga berharap bahwa sosialisasi mengenai rehabilitasi lahan kritis dan penanaman pohon ini dapat diterapkan sebagai kegiatan yang berkelanjutan, dengan mengoptimalkan aspek ekonomi, ekologi, dan sosial budaya secara selaras.Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 1.250 batang pohon ditanam di lahan seluas dua hektare di Kecamatan Sungai Babuat.

Jenis-jenis pohon yang ditanam antara lain Klengkeng, Rambutan, Cempedak, Papaken, Kapul, Jambu Agung, Durian, Jengkol, dan Tengkawang.Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, serta memastikan keberlanjutan hutan untuk generasi mendatang.

Pewarta : (M.Ilmi).(Sumber: Pendim 1013/Mtw)

Penulis: IlmiEditor: Eko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *