Diduga Korsleting Listrik, Toko Sembako di Pasar Kayen Pati Terbakar, Kerugian Rp 1,2 Miliar

Sejumlah warga melihat toko sembako di kawasan Pasar Kayen Pati yang terbakar selasa ( 16/4) dini hari

Pati.Suluhnusantara.news – Sebuah toko sembako di Pasar Kayen, Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah terbakar pada Selasa (16/4/2024) dini hari. Dengan peristiwa tersebut kerugian Toko ini  ditaksir mencapai lebih dari Rp 1,2 miliar.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Pati Sugiyono mengungkapkan toko sembako yang mengalami kebakaran itu yakni Toko Meila. Kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 WIB.

Waktu itu pemilik toko sembako, Sukarno terbangun dari tempat tidurnya lantaran mencium bau asap yang menyengat. Ia pun dikagetkan dengan api yang membara di dalam tokonya. ”Sekitar pukul 02.10 WIB,  ia terbangun dari tidurnya karena mencium bau asap api menyengat di dalam toko. Tiba-tiba terlihat api membara dari dalam toko miliknya,” kata Sugiyono.

Si jago merah kemudian dengan cepat membesar dan merembet ke dalam gudang sembako yang tepatnya di dalam toko. Melihat hal tersebut, sontak Sukarno berteriak membangunkan istrinya, Parti, para anak dan cucu yang berada di lantai dua bangunan tersebut.

Mengingat toko tersebut juga digunakan sebagai tempat tinggal. ”Mereka kemudian berlari keluar menyelamatkan diri, melewati atap rumah tetangga. Terus mereka berteriak minta tolong kepada warga sekitar,” ungkap Sugiyono.

Mendengar teriakan Sukarno dan keluarganya, warga pun terbangun dan berbondong-bondong ke Toko Sembako Meila. Warga kemudian mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. ”Warga juga menghubungi Unit Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Pati dan pihak jaga Polsek Kayen,” ujar Sugiyono.

Sejumlah armada pemadam kebakaran pun bergegas ke lokasi kejadian. Pihaknya mengerahkan 4 unit damkar dan dibantu satu unit truk tangki air dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati. ”Kebakaran berhasil dipadamkan pada pukul 04.00 WIB. Tidak terdapat korban jiwa dan situasi telah kembali aman kondusif,” kata dia.

Pihaknya menduga kebakaran ini disebabkan korsleting listrik  di dalam toko sembako yang membesar dan merembet ke dalam gudang sembako. Apalagi toko tersebut berisiko sejumlah barang yang mudah terbakar, seperti gas elpiji dan sejumlah makanan yang berbungkus plastik.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian atas kejadian ini mencapai lebih dari Rp 1,2 miliar. Selain toko sembako beserta isinya, api juga menghanguskan mobil Xenia, sepeda motor Beat dan Lexi. ”Kerugian toko sembako sekitar Rp 1 miliar, mobil Xenia Rp 180 juta, motor Beat Rp 20 juta dan motor Lexi Rp 23 juta,” tandas dia. (Tim/Satpol PP)

Reporter : Bung Peci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *