Dipertan Brebes Gelar Sosialisasi dan Bimtek Diseminasi Teknologi Display Varietas Unggul

Brebes. Suluhnusantara.news – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Gelar Sosialisasi  dan Bimbingan Teknis, Diseminasi Teknologi Display Varietas unggul di Kabupaten Brebes yang di laksanakan di  Aula Kantor Desa Pamijen Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Senin (6/05/2024).

Kepala desa (Kades) Pamijen M Subhan Maulidi SE, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang sudah mengadakan acara sosialisasi dan bimbingan teknis yang di laksanakan di Desa kami.

Tentunya dengan adanya giat tersebut  telah memberikan amanah kepada desa kami semoga bisa dikembangkan dengan baik dan bisa membawa bermanfaat bagi masyarakat terutama kepada masyarakat yang pekerja sebagai petani, sehingga  acara ini bisa mendapat ilmu pengetahuan dari Dinas Pertanian dan  Petahanan  Pangan.

Lanjut Subhan, pihaknya siap membantu kepada warga masyarakat jika membutuhkan anggaran untuk meningkatkan masalah Pertanian dan petahan pangan bisa dianggarkan dari Dana Desa.

Dengan adanya giat tersebut, saya berharap kepada para pekerja petani semoga bisa memahami dan bisa ditingkatkan lagi serta ditekuni dengan sungguh sungguh sehingga bisa menghasilkan yang baik, bagus dan sukses. Tandasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Ir.  Yulia Hendrawati M.,Si., menyampaikan  dalam acara ini adalah bertujuan untuk meningkatkan pertanian di wilayah Kabupaten Brebes dan giat tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan varietas unggul baru padi. Melalui kegiata ini petani dapat melihat langsung keragaan pertumbuhan tanaman padi sebelum memutuskan untuk memilih varietas padi yang paling diminati dan sesuai dengan lingkungan setempat yang diadopsi.

Dalam acara ini tentunya para petani agar dapat ilmu pengetahuan dari acara tersebut yang nantinya akan di sampaikan oleh narasumber  dari Kepala BPSB/Pos Pengawas Benih Wilayah Pekalonga yang akan memberikan penjelasannya.

Lanjut Yulia, Produksi pangan di Kabupaten Brebes masih di bawah standar nasional. Produksi tanaman padi perhektarnya baru 5,3 ton, sementara standarnya 6 ton per hektar sehingga baru mencapai 53 persen.Semoga dengan adanya giat tersebut  semoga bisa membawa manfaat, mudah mudah  dengan adanya giat tersebut berpenghasilan masalah Pertanian dan Pangan bisa meningkat mencapai 65 persen.

Dikatakan Yuila, Kabupaten Brebes memiliki luas lahan pertanian 63 ribu hektar, sehingga sumber daya manusia (SDM) pertanian juga cukup banyak, namun hasil produksinya masih di bawah standar nasional. Sehingga dari pemerintahan menggelar acara tersebut untuk mengenal benih.

Benih  itu apa, benih adalah merupakan pondasi pembanguan pertanian, karena benih memiliki potensi genetik produksi yang dapat mempengaruhi hasil dalam usaha pertanian. Penggunaan benih varietas unggul mempunyai potensi hasil tinggi, toleran terhadap serangan hama dan penyakit serta mempunyai kemampuan adaptasi yang baik.

Perlu di ketahui masalah pangan di wilayah Jawa Tengah bahkan seluruh Indonesia  sedang mempunyai bermasalah di bidang pertanian dan petahanan pangan dampak Elnino. “Katanya.

Ia menambahkan dalam giat tersebut, pihaknya sudah bersinergi dengan Danramil dan Stakeholder yang ada. tentunya sangat membantu dalam pekerjaan para petani mudah mudah masalah pangan yang ada di wilayah Brebes  bisa meningkat. Selama ini para petani sebagai pahlawan kita , sehingga kita semua bisa makan karena berkah para petani.

Diharapkan dengan adanya acara tersebut petani dapat melihat secara langsung pertumbuhan dan keragaan tanaman serta hasilnya sehingga mereka dapat memutuskan memilih varietas padi yang paling disukai dan mempunyai potensi produktivitas yang tinggi sehingga dapat meningkatkan hasil dan pendapatan petani.

Ia juga mengajak pada para petani jika menghadapi musim kemarau, berpesan kepada para petani untuk bertani harus memahami secara cerdas iklim, cerdas iklim itu petani harus mengetahui kapan harus menanam dan berapa keperluannya. Tandasnya.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Forkompimcam Bumiayu, Kapolsek dan Danramil Bumiayu, Kepala BPSB/Pos Pengawas Benih Wilayah Pekalongan, Kepala Desa Pamijen beserta perangkatnya, Koordinator Penyuluh  se Kecamaatan Brebes Selantan ( Kecamatan Bumiayu, Paguyangan, Tonjong, Bantarkawung dan Sirampog), PPl sekecematan Bumiayu, POPT Kecamatan Bumiayu, Produsen benih /penangkapan benih,  Ketua kelompok Tani/ Gapoktan  se Kecamatan Bumiayu.

(Reporter : Rizal Sismoro).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *