Diskominfo SP Murung Raya Ikuti Bimtek Jarkom, Merawat Indonesia Dengan Berita Mencerahkan

Murung Raya,Suluhnusantara.news – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Murung Raya, melalui Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Humas Pemda, mengikuti Bimbingan Teknis. “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom” (Jarkom) secara online via Zoom. Acara ini bertemakan “Merawat Indonesia dengan Berita Mencerahkan”.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Juni 2024 ini digelar oleh Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Peserta yang hadir berasal dari Dinas Kominfo provinsi dan kabupaten di seluruh Indonesia, baik secara offline maupun online.

Dalam sambutannya, Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Nursodik Gunarjo, menekankan pentingnya peran dan fungsi pengelolaan informasi publik baik di tingkat pusat maupun daerah. Gunarjo menegaskan bahwa pengelola media center atau website pemerintah harus mengambil peran aktif dan bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi dan konten positif dari daerah mereka.

“Mengelola media center harus bisa membuat informasi yang mencerdaskan, mencerahkan, menginspirasi, dan membangun semangat nasional, serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan berbagai program pemerintah,” kata Gunarjo saat membuka Bimtek pada Rabu (12/6/2024).

Ia juga menambahkan bahwa pengelola media center adalah ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah melalui berita. Mereka dituntut untuk memiliki keahlian dan kompetensi tinggi dalam pelayanan dan pengelolaan informasi.

Sementara itu, Kepala Bidang PIKP Diskominfo SP Mura, Hendry Januardy, menyampaikan bahwa staf PIKP yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari Marisa Montesore, Pranata Komputer; Nofriandy Imanuel, Analis Kebijakan; Evi Rusiana, Pranata Komputer; dan Helmita.

Hendry berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan keterampilan pengelola media pemerintah, terutama dalam fungsi public relations pemerintah, untuk merawat Indonesia dengan berita yang mencerahkan dan mencerdaskan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan di bidang jurnalistik, khususnya dalam menulis berita,” kata Hendry saat dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Diketahui, narasumber tunggal dalam acara ini adalah Redaktur Pelaksana Portal Berita InfoPublik, Taofiq Rauf, dengan moderator Redaktur Pelaksana Portal Indonesia, Elvira Inda Sari.*

(M.Ilmi).      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *