Daerah  

DPD APKLI Mendampingi UMKM Dan PKL Penyerahan BPJS Ketenagakerjaan se-Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang bangka belitung Suluhnusantara.News | Walikota Pangkalpinang menyerahkan Premi Asuransi Ketenagakerjaan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)

salah satunya diserahkan kepada keanggotaan APKLI yang ada di kota Pangkalpinang dan yang ikut mendampingi ketua APKLI februli Husin sebagai sekertaris dan keanggotaan APKLI lainnya, para Pedagang Kaki Lima, (PKL) UMKM, Petugas Juru Parkir dan RT/RW se-Kota Pangkalpinang.

Diketahui bahwa, penyerahan bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan ini diberikan kepada 3000 Pedagang pasar UMKM dan PKL, 940 RT dan RW, serta 317 petugas juru parkir.

Penyerahan tersebut diserahkan langsung oleh Bambang Utama selaku Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumsel kepada Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) di halaman kantor Walikota Pangkalpinang, Rabu 18/10/2023.

Walikota Molen menyampaikan, ini merupakan bentuk perhatian kita kepada masyarakat khususnya para pedagang kaki lima UMKM pedagang pasar petugas juru parkir dan RT/RW se-Kota Pangkalpinang.

“Seperti yang disampaikan Pak bambang kalau BPJS Ketenagakerjaan ini sekarang belum ada manfaatnya, dalam arti mungkin bagi kita yang belum merasakan musibah kejadian meninggal istri, meninggal anak, jadi itu belum terasa,” ujarnya.

Dikatakan Molen, BPJS Ketenagakerjaan ini diprioritaskan kepada orang-orang yang memang sangat rentan bersinggungan di lapangan, seperti juru parkir.

“Kemudian para pedagang kaki lima dan UMKM terutama yang mendorong gerobak yang di pinggir-pinggir jalan dan segala macam, nah ini yang kita prioritaskan,” ucapnya.

Ia juga menyebut, BPJS Ketenagakerjaan juga sudah diberikan kepada para tenaga honorer di lingkungan Pemkot Pangkalpinang.

“Mudah-mudahan ke depan kita punya anggarannya cukup, kenapa tidak untuk kita perlebar lagi bagi masyarakat Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Sementara itu, Bambang Utama selaku Kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumsel menyampaikan, Kartu BPJS Ketenagakerjaan diserahkan secara simbolis kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan se-Kota Pangkalpinang.

“Secara keseluruhan sebanyak 4.257 orng yang iuran keseluruhannya dibayarkan oleh Pemkot Pangkalpinang,” ucapnya.

Program BPJS Ketenagakerjaan ini lebih dikenal dengan sebutan Jaminan Sosial Tenaga kerja (Jamsostek), merupakan program Nasional.

Ia menyebut, jika program Jamsostek ini iurannya sangat murah se Indonesia hanya sebesar Rp 16.800 per orang dalam satu bulan.

“Kemudian jika mengalami musibah Seperti meninggal dunia maka, ahli waris mendapat santunan sebesar Rp.42 juta,” ungkap Bambang.

Dikatakan Bambang, untuk saat ini BPJS Ketenagakerjaan belum menerima manfaatnya, tetapi ini akan bermanfaat dalam jangka panjang.

“Seperti istilahnya sedia payung sebelum hujan, maka sama seperti itu juga program BPJS ini, dia bermanfaat kalau ada kecelakaan. Itu lah hebatnya BPJS Ketenagakerjaan ini, jadi bagi yang menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan hari ini semuanya ada santunan jika meninggal dunia,” ujarnya

Jurnalis: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *