DPRD Dorong Pemerintah Kaji Solusi Jangka Panjang untuk Atasi Banjir

Murung Raya,Suluhnusantara.news – Ketua sementara DPRD Kabupaten Murung Raya, Bebie, S.Sos., S.H., M.M., M.A.P., mendorong pemerintah untuk tidak hanya fokus pada solusi jangka pendek dalam menangani banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Murung Raya, tetapi juga segera merumuskan solusi jangka panjang yang komprehensif.

Bebie menegaskan bahwa selain memberikan bantuan darurat kepada warga terdampak, perlu adanya kajian mendalam mengenai penyebab banjir, agar masalah ini dapat diatasi secara berkelanjutan.

“Selain bantuan jangka pendek, penting bagi pemerintah untuk memikirkan solusi jangka panjang agar permasalahan banjir ini tidak terus berulang,” ujar Bebie pada Selasa (22/10/2024).

Ia menyebutkan beberapa faktor yang berpotensi memperparah kondisi banjir, antara lain deforestasi, sistem drainase yang buruk, dan dampak dari kegiatan tambang yang tidak direklamasi.

“Mungkin hutan kita sudah banyak yang gundul, dan kita perlu memikirkan upaya penghijauan. Selain itu, sistem drainase harus dievaluasi. Ada juga kemungkinan dampak dari tambang batu bara yang tidak dilakukan reklamasi sehingga menimbulkan masalah lingkungan,” jelasnya.

Bebie meminta pemerintah daerah untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam mengkaji persoalan ini secara menyeluruh.”Kajian yang komprehensif sangat dibutuhkan agar 10 tahun ke depan kita tidak lagi menghadapi situasi yang sama seperti sekarang,” tambahnya.

Selain itu, Bebie juga menyampaikan keprihatinannya atas bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Murung Raya. Ia mendesak pemerintah untuk segera mendirikan posko darurat, dapur umum, serta titik kumpul bagi warga terdampak.

“Kondisi banjir yang belum surut memerlukan perhatian serius. Pemerintah perlu menyediakan bantuan mendesak seperti pakaian, selimut, makanan, serta layanan kesehatan terutama bagi balita, anak-anak, dan lansia yang rentan,” tuturnya.

Bebie menegaskan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menangani banjir ini, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, demi memastikan kesejahteraan masyarakat Murung Raya ke depan.(M.Ilmi).

Penulis: M.IlmiEditor: Dmn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *