Berita  

Gerak Cepat Babinsa Koramil 0825/05 Kalibaru Kodim 0825/Banyuwangi, Padamkan Kebakaran Lahan PTPN XII Kebun Jatirono

Banyuwangi suluhnusantara.news – Serma Dahlan Babinsa Desa Kalibaru Wetan Anggota Koramil 0825/Kalibaru Kodim 0825/Banyuwangi, bersama Bhabinkamtibmas dan warga bergerak cepat membantu memadamkan api yang membakar lahan Kebun Gunung terong yang berbatasan dengan lahan perhutani KPH Banyuwangi Selatan Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Jumat (13/10/2023)

Kebakaran lahan seluas 1 Hektar merupakan milik Kebun Gunung terong di koordinat 8.3059S +113,9868E.

Danramil 0825/05 Kalibaru Kapten Inf Ketut mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi ada kebakaran di wilayah Binaan Teritorialnya. Sehingga, Babinsanya langsung diterjunkan untuk mendatangi TKP dan membantu warga memadamkan api yang membakar lahan tersebut.

Kebakaran lahan perkebunan Gunung terong seluas ± 1 Hektar belum diketahui pasti penyebabnya dan masih dalam penyelidikan pihak Polsek Kalibaru, dan kejadian kebakaran tersebut telah ditangani oleh Instasi terkait dan api sudah padam,”ucapnya.

Serma Dahlan Babinsa desa Kalibaru Wetan mengatakan anggota Koramil 0825/05 Kalibaru, Anggota Polsek Kalibaru dan anggota petugas Perhutani tiba di lokasi dan melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan seadanya  (manual) menggunakan kepyok dan membuat ilaran/ sekatan agar api tidak meluas ke area lainnya,”ujarnya.

Adapun untuk kerugian Personil : Nihil, kerugian Materiil yakni kebakaran hutan dan lahan seluas kurang lebih satu Hektar,”tuturnya.

Kami mengimbau masyarakat sekitar untuk tetap waspada dan siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran di sekitar lokasi, mengingat saat ini sedang musim kemarau yang rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan,” tandasnya,”tutup pak Babinsa

Penulis:Singgih S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *