Daerah  

Ini Tradisi Maulid Nabi SAW di Pidie Jaya

Pidie Jaya – Suluhnusantara.News || Umat Islam di Kabupaten Pidie Jaya sangat antusias merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya disetiap desa dengar syiar menakjubkan, pada hari Sabtu (07/10/23).

Ini terjadi di Desa Beurawang Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) laksanakan peringatan hari kelahiran Baginda Rasulullah SAW meskipun bukan tepat pada hari 01 Rabiul awal, Kamis (12/10/23).

Muhammad Kasem, warga Desa Beurawang mengatakan, di Gampong (Desa) Beurawang ini setiap tahunnya memang seperti ini perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam rangka Syiar peringatan bagi Rasulullah junjungan Umat Islam sedunia.

“Kami masyarakat dengan penuh keikhlasan dan mengharap Syafaat dari beliau mengadakan kenduri dengan meriah, kalau dirumah untuk sanak saudara, fakir miskin dan anak yatim,” ujar Muhammad Kasem.

Lanjutnya, untuk diantarkan ke Meunasah tujuannya untuk kenduri bagi para masyarakat umum dan masyarakat satu kemukiman diundang makan kenduri bersama-sama dan juga group dzikir maulid yang diundang khusus guna membacakan dzikir atas nama Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Zainuddin, kepada awak media ini mengatakan, perayaan maulid Nabi SAW kali ini tergolong agak kurang meriah dari beberapa tahun belakangan dikarenakan faktor ekonomi masyarakat dalam kondisi menurun.

“Hidangan yang turun ke Meunasah pada tahun ini berkurang dan dengan fasilitas agak menurun dari tahun-tahun sebelumnya, namun undangan desa-desa tetangga tetap seperti biasa,” ujar Zainuddin.

Yusra, Keuchik atau Kepala Desa Beurawang menyampaikan, “Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, meskipun dalam keadaan krisis ekonomi masyarakat, untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini tetap terlaksana meriah seperti biasanya,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Yusra, kekurangan dalam persiapan hidangan tidak seperti beberapa tahun sebelumnya ke belakang tetapi masyarakat Desa Beurawang tetap antusias dan optimis membesarkan hari kelahiran Rasulullah SAW.

“Semoga semua sedekah kenduri masyarakat telah dilakukan guna memeriahkan kebesaran hari lahir Nabi Muhammad SAW akan mendapat balasan istimewa dari Allah SWT dan Syafaat melimpah dari Baginda Rasulullah SAW dikemudian hari,” ucap Keuchik Desa Beurawang ini.*

Reporter : Saif Zuhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *