Jelang Bulan Suci Ramadhan, Warga Jatisawit Brebes Giat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan dan TPU

Brebes. Suluhnusantara.news –  Dalam rangka jelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H, masyarakat Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes melaksanakan giat gotong royong bahu membahu membersihkan lingkungan dan Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat, Minggu (10/3/2024).

Kepala Desa Jatisawit, Dedi Susilo Wibowo, S.Pd menyampaikan, ini merupakan salah satu program Pemerintah Desa Jatisawit tentang perilaku hidup bersih dan sehat, adapun tema kegiatan kali ini “Bersih Lingkungan dan Pemakaman Serentak Menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 1445 H”.

Lanjut Dedi, “Kegiatan bersih-bersih lingkungan dan makam (kuburan), ini kita laksanakan setiap tiga bulan sekali, serta sudah menjadi tradisi atau kebiasaan ditengah warga yang harus kita lestarikan dan pertahanan, setiap menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,” ungkap Dedi Susilo Wibowo.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan.Dengan moto”Resik Kaline Resik Desane Sehat Wargane”, Desa Jatisawit tahun 2023 menjadi juara 1 dalam ajang kebersihan tingkat Kabupaten Brebes.

Ia mengatakan giat tersebut salah satu tradisi mempunyai makna dan nilai budaya di tengah masyarakat, serta bentuk penghormatan, pengingatan bagi para leluhur serta anggota keluarga yang sudah meninggal.

Ia menambahkan kegiatan bakti sosial ini memperkuat rasa solidaritas dan kerukunan antar warga serta menunjukkan nilai -nilai kebersamaan, serta menciptakan ikatan sosial yang erat ditengah-tengah masyarakat. “Pungkas Dedi. **

(Rizal Sismoro).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *