Jenazah TKI Asal Aceh di Malaysia Difasilitasi Ormas PAS dan Dinsos Aceh Selatan, Tiba di Rumah Duka

Aceh Selatan – Suluhnusantara.News | Jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Aceh Selatan kembali dipulangkan ke kampung halaman untuk dikebumikan di Desa Kuta Trieng Labuhan Haji, Minggu (15/10/23).

Pemulangan jenazah Almarhum Aris Munandar Bin Syaminan (35) di Malaysia dibantu proses oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Aceh Selatan hingga ke Medan Sumatera Utara (Sumut).

Ormas Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) dibawah komando H. Akhyar Kamil, SH membantu pemulangan dari Bandara International Kualanamo Airport (KNO), Deli Serdang Sumut menuju rumah duka di Labuhan Haji, Aceh Selatan.

Ketua Umum (Ketum) Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), H. Akhyar Kamil, SH,
terus fokus pada pemulangan Jenazah putra-putri Aceh meninggal di perantauan untuk dikebumikan di kampung halaman sesuai harapan keluarga.

Aris Munandar seebelumnya dikabarkan meninggal dunia di negeri jiran Malaysia, Selasa,(10/10/ 2023), sekira pukul 08:05 MYT Waktu Bagian Malaysia, Almarhum meninggal karena menderita penyakit CORONARY ARTERI DISEASE (Disebabkan karena tersumbat aliran darah ke jantung).

Almarhum Aris Munandar mengadu nasib lebih kurang 10 tahun di negeri tetangga, dipulangkan via cargo maskapai MH 864 di dalam peti tiba di Bandara Kualanamo, Deli Serdang sudah ditunggu Ambulan milik Persaudaraan Aceh Seranto.

Almarhum meninggalkan 2 (dua) orang Anak, putra dan putri serta istri tercinta karena harus menempati janji dengan Yang Maha Kuasa.

Fery Sutifa, Adik sepupu Almarhum Aris Munandar menceritakan kepada media ini, “Kami mengetahui Abang Munandar meninggal dunia melalui Kanda Amiruddin warga Kuta Trieng juga saudara kami,” ujarnya.

Sambungnya, “Setelah itu kami langsung musyawarah untuk mencari jalan keluar bagaimana Abang kami bisa di pulangkan, Rabu, 11 Oktober 2023, kami ke Dinas Sosial untuk memohon bantuan agar Abang kami bisa di bantu,” jelas Fery Sutifa.

“Alhamdulillah, permohonan kami di sahuti oleh Kepala Dinas Sosial, Bapak Kusaifuddin, S. Pd melalui Kabid Linjamsos, Bapak Murhaban, S.Ag,” ungkap Fery.

Selanjutnya, tambah Fery, “Kami juga memohon bantuan kepada Ketua Umum Ormas PAS, Bapak H. Akhyar Kamil, S.H, melalui Relawan Aceh Seranto, Muhammad Saleh atau akrap di sapa Ustadz Saleh, untuk membantu memfasilitasi pemulangan Abang kami dari Bandara Kualanamu ke Labuhan Haji, Aceh Selatan,” katanya.

“Alhamdulillah, Allah juga menjawab permohonan kami via Pak Akhyar,” Imbuhnya.

“Kami atas nama keluarga besar Almarhum Aris Munandar mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Akhyar Kamil, SH, Ketum Ormas PAS telah membantu keluarga kami dengan penuh kerelaan,” ucap Fery Sutifa.

Kata Fery, “Kami dan keluarga besar bulan bagian dari anggota Ormas PAS, tetapi mereka membantu pemulangan Abang kami tanpa pamrih dan minta bayar biaya apapun juga,” tutur Fery mengakhiri.

Ketum Ormas PAS, H. Akhyar Kamil, SH, mengatakan, pihaknya tetap membuka diri kepada setiap warga Aceh meninggal di perantauan untuk jenazahnya dipulangkan ke kampung halaman, “Jika ada permohonan dati pihak keluarga,” ucapnya.

“Jenazah Aris Munandar Bin Syaminan adalah jenazah ke 313 dipulangkan Ormas PAS secara GRATIS ke kampung halaman dari perantauan baik dalam negeri maupun luar negeri,” kata H. Akhyar Kamil, SH.*

Reporter : Muslem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *