Kabupaten Murung Raya Raih Juara II Lomba Mangaruhi di FBIM 2024

Palangka Raya,Suluhnusantara.news – Kabupaten Murung Raya (Mura) berhasil meraih juara II dalam Lomba Mangaruhi kategori putri pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024. Pengumuman tersebut disampaikan pada Rabu, (22/5/2024).

Dalam lomba ini, juara I diraih oleh Kabupaten Pulang Pisau, sementara juara III jatuh kepada Kabupaten Seruyan. Lomba Mangaruhi, yang merupakan salah satu kegiatan dalam FBIM, bertujuan mengajarkan kearifan lokal dalam memanfaatkan alam secara bijaksana dan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Koordinator Lomba Mangaruhi Kabupaten Murung Raya, Refolin, mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi pedoman bagi masyarakat Kalimantan Tengah dalam menangkap ikan tanpa menggunakan bahan kimia atau alat-alat yang berbahaya bagi alam.

“Harapan saya nantinya bisa menjadi tuntunan kepada masyarakat di Kalimantan Tengah ini cara menangkap ikan dengan tidak menggunakan bahan-bahan kimia atau alat-alat yang membahayakan untuk alam,” ujar Refolin pada Jumat, 23 Mei 2024.

Refolin juga menekankan pentingnya menjaga tali silaturahmi antar peserta dari berbagai kabupaten dan kota yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Hal yang terpenting dalam lomba adalah tali silaturahmi antara peserta dari kabupaten/kota dalam mendukung kegiatan ini sehingga bisa memberikan suguhan yang menarik untuk ditonton dan memberikan pesan agar alam tetap lestari,” tambahnya.

Festival Budaya Isen Mulang merupakan acara tahunan yang merayakan kekayaan budaya Kalimantan Tengah, dengan berbagai lomba tradisional yang tidak hanya menarik untuk disaksikan, tetapi juga sarat dengan pesan pelestarian lingkungan dan kearifan Budaya lokal.*

(M.Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *