Kades Hobi Bikin Proyek Siluman, Ternyata Begini Caranya

Cilacap, Suluhnusantara.News || Tim wartawan SNN melakukan investigasi ke lokasi pembangunan jembatan di Desa Cisalak, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, pada hari Senin, 9 Oktober 2023.

Dalam penyelidikan ini, tim wartawan SNN tidak menemukan papan informasi proyek yang seharusnya ada. Papan informasi proyek tersebut sangat penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait detail proyek tersebut.

Sebagai langkah selanjutnya, wartawan SNN menghubungi Kepala Desa Cisalak melalui pesan singkat WhatsApp untuk mencari informasi terkait proyek tersebut. Namun, jawaban dari Kepala Desa Cisalak mengejutkan, “Dana Desa (DD), papan informasi belum dipasang,” ujarnya.

Kami dari tim wartawan SNN sangat menyayangkan jawaban yang diberikan oleh Kepala Desa Cisalak. Terlihat bahwa informasi mengenai penyaluran Dana Desa (DD), khususnya terkait proyek ini, nampaknya disengaja dihindari. Proyek tersebut hampir selesai, namun papan informasi proyek masih belum terpasang.

Tindakan Kepala Desa Cisalak ini tampaknya melanggar amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sejumlah warga Desa Cisalak berharap agar Pemerintah Kabupaten dapat turun langsung ke lapangan bersama tim untuk meninjau proyek pembangunan yang menggunakan Dana Desa di Desa Cisalak, Kecamatan Cimanggu, yang telah berlangsung sejak tahun 2021 hingga 2023. Mereka menduga bahwa proyek-proyek tersebut mungkin tidak memenuhi standar yang baik, karena ada laporan kerusakan yang terjadi hanya dalam waktu singkat.

(JM SNN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *