Kang Hendar, Sosialisasi Penyebarluasan Perda Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Sosialisasi Penyebarluasan Perda Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Sukabumi, Suluh Nusantara News — Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Fraksi Demokrat, H. Hendar Darsono, SH, MH. Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar V (Kota dan Kabupaten Sukabumi), melaksanakan kegiatan sosialisasi penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 2 Tahun 2021 yang dilaksanakan di Aula Yaspin Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi

Pekerja Migran Indonesia (PMI) merupakan pahlawan devisa bagi negara yang wajib untuk diperhatikan juga dilindungi. Hal itulah yang kemudian mendasari Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Jabar menindaklanjutinya dengan menghadirkan sebuah perda untuk melindungi para PMI asal Jabar, yakni Perda Jabar nomor 2 tahun 2021.

Perda ini dibentuk dalam rangka melindungi para pekerja dan calon migran Indonesia asal Jawa Barat dari perdagangan manusia, perbudakan, kerja paksa, kekerasan, sewenang-wenang, kejahatan atas harkat dan martabat manusia serta perlakuan lain yang mana itu melanggar hak azasi manusia.

Menurut anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini dalam Perda itu pun sudah diatur bahwa PMI yang akan dikirim ke luar mesti mempunyai kualifikasi serta melalui pelatihan penguatan. Sebab, banyak kasus di lapangan jika kondisi PMI ada yang mendapatkan perlakuan tak baik hingga bermasalah dengan hukum, jelas Hendar Darsono.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *