Kegiatan Rutin Jum’at Bersih Bersama Kades dan Masyarakat  Desa Karang Tengah  Cibadak Sukabumi

Kepala desa Karang Tengah, Agung Prama Putra S.IP pimpin langsung kerja bhakti bersama masyarakat Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi Jumat (15/12)

Sukabumi,Suluhnusantara.News –  Hari Jum’at adalah hari yang penuh berkah bagi umat muslim. Di tengah semaraknya ibadah dan kegiatan keagamaan, Pemerintah Desa Karang Tengah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, menjadikan hari Jum’at sebagai momen untuk membangun kesadaran akan pentingnya kebersihan dan keindahan lingkungan. Pada Jum’at, tanggal (15/12/2023), kepala desa beserta perangkat desa  dan masyarakat  turun langsung untuk melaksanakan “Jum’at Bersih”.

Kepala desa Karang Tengah, Agung Prama Putra S.IP menjelaskan kegiatan Jum,at bersih ini rutin di laksanakan setiap hari Jum,at.  Dan  pentingnya kegiatan Jum’at Bersih ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungan.

Ia menyatakan,”Kebersihan adalah sebagian dari iman, dan dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita turut menjaga kesehatan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat.” Ujarnya

Kegiatan Jum’at Bersih tersebut dilakukan di sekitar depan Taman Kota atau lapang kaum, dimulai dengan membersihkan selokan dan sampah  yang menyumbat jalanya air. Dengan semangat gotong royong, para perangkat desa dan warga setempat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Selain membersihkan sampah, tim yang terdiri dari kepala desa, perangkat desa, Tim porder turut hadir dari mulai karang Taruna, forum peduli Karang Tengah, pelaku UMKM. dan masyarakat  melakukan pembersihan selokan yang menjadi jalur pembuangan air di sekitar Taman Kota Karang Tengah.

Mereka membersihkan selokan dari sampah dan material lainnya yang dapat menyumbat aliran air. Upaya ini bertujuan untuk mencegah terjadinya genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya penyakit dan juga menghindari banjir saat musim hujan tiba, dan masyarakat sangat antusias demi menjaga lingkungan kita

GB. Tampak Kepala Desa Karang Tengah bersama Perangkat desa turun langsung ke lokasi untuk membersihkan selokan dan sampah di area Taman Kota.

Kegiatan Jum’at Bersih ini mendapatkan apresiasi dari warga sekitar dan juga masyarakat Kabupaten Sukabumi. Melalui inisiatif seperti ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan akan semakin tumbuh di masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antara perangkat desa dan warganya, serta menguatkan semangat gotong royong dalam membangun desa yang lebih baik.

Kades Karang Tengah Agung Pratama Putra S.IP  menyampaikan bahwa timbulnya rasa gotong royong  sebagai kebiasaan atau identitas  warga indonesia semakin hari semakin berkurang  dan sebagai  rasa peduli akan lingkungan kita kebersihan, keamanan, dan ketertiban, bahwa timbulnya kebersamaan antar pelaku UMKM  supaya bersama – sama melakukan  dan menjaga lingkungan kita dari bahayanya  banjir.

Dengan harapan bahwa kegiatan Jum’at Bersih ini akan menjadi tradisi yang terus dilaksanakan. Pemdes Karang Tengah Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi ini berkomitmen untuk terus memperhatikan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Semoga langkah kecil ini dapat memberikan dampak besar dalam menciptakan desa yang bersih, sehat, dan nyaman. (Tim)*

Reporter : Idam (Wakaperwil  Jabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *