Kodim 1002/HST Laksanakan Test Samapta Jasmani Periodik

BARABAI,Suluhnusantara.News – Guna meningkatkan serta mengukur kemampuan fisik Prajurit, untuk mendukung kelancaran tugas-tugas pokok di wilayah, serta menyiapkan kondisi aparat teritorial agar selalu dalam kondisi prima,  Personel Kodim 1002/HST mengikuti kegiatan Samapta Periodik I TA. 2024 yang diselenggarakan di Lapangan  Mako Yonif 621/Mtg, Jln. Perintis Kemerdekaan Desa Benawa Kec. Barabai Kab.Hulu Sungai Tengah, Rabu (15/05/2024).

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1002/Hulu Sungai Tengah Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han, disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan Samapta ini penting bagi aparat teritorial, dimana dalam setiap pelaksanaan tugas di tengah masyarakat, senantiasa dituntut untuk sigap dan dalam kondisi fisik yang prima, agar kegiatan teritorial berjalan dengan baik.

“Tes Samapta ini merupakan program rutin dari komando atas, dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit TNI AD khususnya Kodim 1002/HST, sehingga dapat menjalankan tugas pokoknya sehari- hari dengan maksimal dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tuturnya.

Sementara itu Pasi Pers Kodim 1002/HST Kapten Inf Rudi Hartono selaku Koordinator kegiatan mengatakan dalam pelaksanaan Kesamaptaan periodik ini mendapat pengawasan langsung oleh Tim Jasdam VI/Mulawarman Kapten Inf Dwi E. Nugroho dan Serma Sumarsono,

Sebelum pelaksanaan samapta, seluruh anggota terlebih dulu mengisi blangko ceklis, pemeriksaan kesehatan oleh Anggota Polkes 06.09.15 HST, yang dilanjutkan dengan peregangan dan pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan Samapta.

“Test Samapta Periodik di semua item meliputi Kesegaran jasmani A yakni lari selama 12 Menit, Kesegaran jasmani B terdiri dari Push Up, Pull Up, Sit Up, dan Shuttle Run serta Renang dengan jarak 50 meter, dimana semua penilaian diklasifikasikan dan dikategorikan berdasarkan kelompok umur,”terangnya. (pen1002hst)*

(Rhn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *