Kodim 1002/HST Tanam Ratusan Batang Pohon di Desa Baru Batu Benawa

BARABAI.Suluhnusantara.News |- Dalam rangka Mitigasi dan pencegahan bencan banjir dan tanah longsor, Anggota TNI dari Kodim 1002/HST Gelar penghijauan dengan menanam berbagai pohon di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Rabu (29/05/2024).

Penanaman pohon tersebut dilakukan oleh anggota Kodim 1002/HST bersama anggota Polsek Hantakan, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kab. HST, Kecamatan Hantakan, Aparat Desa Baru serta warga Masyarakat desa Baru.Seperti dikatakan oleh Kepala Staf Kodim 1002/HST Kapten Inf Moh. Alip Suroso mewakili Dandim 1002/HST, bahwa sebagian wilayah desa Baru rawan terjadi tanah longsor dan banjir, sehingga perlu dilakukan reboisasi terutama yang terdampak tanah longsor dan banjir.

“Untuk diketahui bahwa pada bencana banjir bandang pada tahun 2021 yang terjadi di Hulu Sungai Tengah, Desa Baru merupakan wilayah yang sangat terdampak dari bencana Banjir.”ujarnya

Lanjutnya, sebanyak 150 pohon berbagai jenis seperti Pohon Petai, 48 batang, Mahuni ,57 batang dan Pulay/Pulantan, 45 batang ditanam di bantaran Sungai dan tebing sebagai upaya pencegahan tanah longsor.

“Tah hanya melaksanakan penanaman pohon kita juga menggandeng pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Kecamatan, desa dan para penyuluh pertanian yang ada di wilayah masing-masing, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar melakukan penghijauan dengan berbagai tanaman buah, sehingga dapat dirasakan hasilnya secara langsung oleh Masyarakat,”tandasnya.(Rhn/pen1002hst).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *