Kodim 1013/Mtw dan Dinas Pertanian Barito Utara Laksanakan Survey SID untuk Optimalisasi Lahan Pertanian

BARITO UTARA,Suluhnusantara.news – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani dan masyarakat serta mewujudkan ketahanan pangan daerah maupun nasional, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1013 Muara Teweh, Lettu Czi Ahmad Munir, bekerja sama dengan Konsultan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara melaksanakan Survey Investigasi Desain (SID) terkait kegiatan konstruksi Optimalisasi Lahan.

Pelaksanaan SID kali ini dilakukan di wilayah Kecamatan Gunung Timang dan Kecamatan Montalat, tepatnya di area lahan tidur milik masyarakat Desa Rerawa dan Desa Pepas, Kabupaten Barito Utara, pada Kamis (13/06/2024).

Dalam konfirmasinya, Lettu Czi Ahmad Munir menjelaskan bahwa kegiatan SID bersama Konsultan Pertanian merupakan penjabaran dan pelaksanaan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertanian dengan TNI AD. Upaya ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian yang produktif, sekaligus meningkatkan antisipasi terhadap krisis pangan, serta meningkatkan kesejahteraan para petani dan masyarakat. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di tingkat daerah maupun nasional.

“Sebagai ujung tombak Kodim 1013 Muara Teweh, Babinsa akan selalu siap bersinergi dengan Dinas Pertanian dalam menyukseskan program pemerintah di bidang Optimalisasi Lahan,” ucap Pasiter Kodim 1013.

Sementara itu, personel Konsultan Dinas Pertanian memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kodim 1013 Muara Teweh yang telah membantu kelancaran pelaksanaan SID.

Adapun kegiatan pelaksanaan program Optimalisasi Lahan (Oplah) ini melibatkan berbagai tahapan. Setelah dilaksanakan SID, dilanjutkan dengan pengambilan dokumentasi dan pengukuran. Tahap terakhir adalah rapat bersama para petani yang difasilitasi oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) setempat sebelum diserahkan kepada pihak ketiga atau kontraktor untuk melaksanakan pengerjaan.(M.Ilmi).

(Sumber: Pendim 1013/Mtw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *