Kodim 1013/Mtw Rutin Laksanakan Upacara Bendera Setiap Hari Senin sebagai Wujud Implementasi Jiwa Nasionalisme

Muara Teweh,Suluhnusantara.news – Kodim 1013/Muara Teweh secara rutin menggelar upacara bendera setiap hari Senin sebagai wujud implementasi jiwa nasionalisme dan penghormatan terhadap simbol negara. Upacara ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Makodim 1013/Muara Teweh (Mtw), yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara Senin, (3/6/2024).

Kapten Inf Mohamad Guntur, Perwira Seksi Logistik (Pasilog) Kodim 1013/Muara Teweh, memimpin upacara sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu, Serka M. Putranto bertugas sebagai Komandan Upacara dan Serma Agus Ermawan sebagai Perwira Upacara.

Tujuan dari pelaksanaan upacara ini adalah untuk memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme, dan solidaritas prajurit, serta mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Upacara ini bukan hanya sekedar rutinitas, tetapi harus dimaknai sebagai implementasi jiwa nasionalisme sebagai warga negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama sebagai seorang prajurit TNI,” jelas Kapten Inf Mohamad Guntur.

Selain itu, upacara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme seluruh peserta upacara dalam menghormati Sang Saka Merah Putih, serta membangun kedisiplinan bagi seluruh prajurit Kodim 1013/Muara Teweh dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI, dan Sumpah Prajurit.

“Upacara juga berfungsi sebagai sarana komando untuk menjalin komunikasi antara pimpinan, staf, dan anggota, sehingga setiap kebijakan, instruksi, petunjuk, dan informasi dapat mengalir dan dipahami dengan baik untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas,” tambah Kapten Inf Mohamad Guntur.(M.Ilmi).

(Sumber: Pendim 1013/Mtw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *