KPU Kabupaten Sukabumi Gelar Sosialisasi Dan Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak 2024

Sosialisasi KPU

Sukabumi, Suluh Nusantara News — KPU Kabupaten Sukabumi menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih untuk Pemilu serentak pada tahun 2024. Kegiatan berlangsung di GOR Talaga, Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabuapten Sukabumi, Jumat 24/11/2023.

Kegiatan yang dihelat dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar para pemilih mau datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024.

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur KPU Kabupaten Sukabumi, unsur Bawaslu, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Siti Hilmiati, Kades Talaga, dan sejumlah elemen masyarakat dari dapil 3.

KPU sengaja mengundang dua orang pemateri, yaitu pemateri pertama adalah Meri Sarinjngsih, S.Pd.I, MM mantan Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi periode 2018-2023 sekaligus sebagai kwnggiat pemilu dan pemateri kedua adalah Heri Gunawan sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Gerinda dari Komisi II sebagai mitra KPU dan Bawaslu.

Kasubag Hukum dan SDM KPU Kabupaten Sukabumi, Dananjaya menyampaikan, kegiatan tersebut digelar dengan tujuan untuk memastikan semua masyarakat calon pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT bisa menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Pastikan kita datang ke TPS untuk menentukan pilihan sesuai hati nurani. Jangan sampai kita golput, karena satu suara akan menentukan nasib dan masa depan bangsa,” bebernya.

Meri Sariningsih yang didaulat menjadi pemateri pertama mengatakan, pendidikan pemilih menjadi bagian penting, dalam memastikan masyarakat dalam menggunakan hak pilih nya.

“Dalam negara demokrasi kedaulatan rakyat memiliki kekuatan penuh. Oleh karenanya rakyat dibebaskan untuk menentukan pilihannya,” kata Meri.

Selanjutnya ia menyebutkan, memilih itu adalah bagian hak yang sangat mendasar dan dilindungi undang-undang. Yang paling penting pemilih harus bisa memahami mekanisme dalam menentukan pilihannya.

“Nilai pilihan satu orang itu akan menentukan hasil akhir. Maka sangat disayangkan apabila pemilih tidak menggunakan hak pilihnya alias golput,” lanjutnya mantan Komisioner KPU periode 2018-2023 ini.

Sementara itu, didaulat menjadi pemateri kedua Heri Gunawan mengungkapkan, apresiasi yang sangat tinggi atas inisiasi KPU yang melaksanakan sosialisasi dan pendidikan terhadap pemilih.

“Sebagai mitra KPU dan Bawaslu saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Penting bagi kita memberikan pemahaman kepada calon pemilih agar mereka tidak salah menentukan pilihannya,” ungkap Anggita komisi II ini.

Ia menyebutkan, masyarakat harus lebih cerdas lagi dalam menggunakan hak pilihnya. Teliti terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

“Teliti dulu sebelum menentukan pilihan. Asal jangan coblos, karena harga satu suara kita penentu nasib bangsa dan daerah kedepan,” tambahnya.

Dia berharap, Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti menjadi pemilu yang riang gembira dan santun.

“Saya harap pemilu nanti dilaksanakan dengan santun dan sopan. Antara satu partai dengan partai lain jangan saling menjelekkan. Begitupun antara satu caleg dengan caleg yang lain jangan sampai saling sikut, baik caleg satu partai maupun antar partai,” pungkas Heri Gunawan.

Menurut pantauan, kegiatan berjalan dengan lancar. Semua peserta antusias mendengarkan materi. Dan diskusinya berlangsung sangat interaktif.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *