Kunjungi Lapas Banjarbaru, Staf Ahli Menkumham Bidang Sosial Berikan Penguatan Tusi

Banjarbaru, Suluhnusantara.News  – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru mendapat kunjungan langsung Staf Ahli Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Sahli Menkumham) Bidang Sosial, Kosmas Harefa, yang disambut oleh Kepala Lapas (Kalapas) Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa beserta seluruh Pejabat Struktural, Rabu (29/5/2024).

 Dalam kunjungannya, Sahli Menkumham Bidang Sosial tersebut memberikan pengarahan dan penguatan tugas dan fungsi kepada seluruh Petugas Lapas Banjarbaru.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal (Ses Itjen) Kemenkumham, Heni Susila Wardoyo, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman, dan Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Said Mahdar. Turut hadir para Pejabat Administrator Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Banjar Raya, dan Pejabat Struktural serta seluruh Pegawai Lapas Banjarbaru.

Dalam pengarahan dan penguatannya, Kosmas Harefa menyampaikan agar selalu bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, karena ini merupakan tugas mulia yang mana bekerja untuk kemanusiaan yaitu membina manusia menjadi jiwa manusia yang semestinya. 

“Saat mendampingi Warga Binaan jangan justru kita menjadikan mereka semakin jahat, kita persiapkan mereka dengan program-program pembinaan dan pelatihan agar memiliki kompetensi sehingga setelah keluar nanti mereka tidak mendapat perlakuan atau dipandang sebelah mata oleh keluarga maupun lingkungan sekitarnya,” ujar Kosmas.

Kosmas juga menekankan pentingnya meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. “Pemimpin harus memiliki kemampuan yang kuat untuk menciptakan inovasi positif dalam menghadapi permasalahan serta mewujudkan kehadiran Kemenkumham di tengah masyarakat melalui layanan publik yang baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kosmas mengajak seluruh jajaran untuk bekerja dengan hati dan penuh integratifas dalam menjalankan tugas melayani masyarakat. “Saya berharap kita semua terus punya komitmen yang kuat, bangun integritas diri dalam berkarya, dan berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Tetap semangat untuk bekerja, apalagi sebentar lagi ada Kantor Wilayah yang baru, semoga menjadi semangat baru sehingga kita semakin pasti ditengah-tengah masyarakat Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan laporan dari Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman, yang menyampaikan gambaran umum terkait tugas dan fungsi Kantor Wilayah serta Unit Pelaksana Teknis di Kemenkumham Kalsel. “Pada kesempatan ini, kami siap mendapatkan pengarahan dan penguatan tugas dan fungsi dari Staf Ahli dan juga Ses Itjen untuk semakin mengoptimalkan kinerja jajaran di Kemenkumham Kalsel,” ujar Taufiqurrakhman.

Kemudian dilanjutkan dengan penguatan Ses Itjen Kemenkumham, Heni Susila Wardoyo, yang menyampaikan bahwa kunjungan tim Itjen Kemenkumham ke Kalsel bertujuan untuk mensosialisasikan dan memastikan bahwa indeks Survei Persepsi Integritas (SPI) KPK Kemenkumham menunjukkan hasil yang optimal.

Ses Itjen Kemenkumham juga menekankan pentingnya integritas dalam melaksanakan tugas sebagai Insan Pengayoman. “Saya ingin memberikan pesan bahwa Bapak/Ibu semua harus meniliki kebanggaan, percaya diri, dan integritas bahwa para petugas Pemasyarakatan adalah bukan para petugas yang mudah digoda dengan apapun, mampu menjaga dan mencegah segala sesuatunya, dan memiliki keinginan kuat untuk menjadikan Lapas yang berintegritas,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kalapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Sahli Menkumham dan Ses Itjen Kemenkumham. “Kami merasa berbangga hati dan berterima kasih, Bapak Sahli Menkumham dan Ses Itjen Kemenkumham meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Lapas Banjarbaru. Semoga pengarahan dan penguatan dari beliau-beliau menjadi semangat bagi kami untuk terus berkomitmen melaksanakan tugas dan fungsi dengan penuh integritas,” tandas Wayan.*

(Rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *