Kunker Kapolda Sulteng Ke Polres Buol Dalam Rangka Keamanan Pemilu, Disambut Secara Adat Oleh Raja Buol

Buol, Suluhnusantara.news –  Kapolda Sulawesi Tengah  Irjen Pol, DR. Agus Nugroho, S. Ik., SH., MH,  Melakukan Kunjungan Kerja  ke Wilayah Polres Buol, Minggu, (11/02.2024).

Kunjungan Orang nomor satu di jajaran Polda Sulteng ini di sambut dengan Adat penyambutan tamu Khusus Oleh Tokoh Adat Buol dan Raja Buol, yang sebelumnya di lakukan pengalungan Bunga dari Polres Buol.

Dalam Sesi penyambutan tamu Kerajaan Kapolda Sulteng ini Di kalung kan kain warna kuning sebagai tanda Taudoka ( saudara tertua ) dan Kerudung warna hitam bagi Permaisuri buat istri sang Kapolda tersebut, acara penaburan beras kuning sebagai tanda penyambutan tamu bagi kerajaan, ini menandakan bahwa oleh rakyat Buol kedatangan jenderal berbintang dua ini di artikan bukan merupakan Seorang  Polisi tapi merupakan saudara yang paling tua.

Kain selempang kuning yang melingkar ini di kalung kan langsung oleh Raja Buol, Moh. Sapri Turungku. dan di  bantu oleh dua  orang pengawal raja

Setelah penyambutan tamu tersebut, Kapolda Sulteng  di dampingi Istri dan  Ketua DPRD Buol, Srikandi Batalipu, S.Sos,M.AP,  Asisten 3 Setdakab Buol, Lany Irawati Saleh, SE. Ak, M. Si, Kepala Lapas Kelas 3 Leok, Edy Yulianto, SH, dan Forkopimda Kabupaten Buol, menuju Ke panggung guna penyerahan Bantuan Sosial ( Bansos ) bagi Anak disabilitas dan berkebutuhan khusus serta juga beberapa Bantuan bagi Penerima manfaat.

Perlu diketahui kunjungan kerja Kapolda yakni dalam rangkah Pengecekan kesiapan Personil kepolisian Resort  ( Polres ) Buol dalam menghadapi Pemilihan Umum ( Pemilu ) yang di selenggarakan Tanggal 14 Pebruari 2024, dan di rangkaikan dengan Peresmian Kantor Baru Satreskrim Polres Buol dan Aula Satya Prabu 

Kedatangan Kapolda Sulteng di dampingi oleh Para petinggi Polda Sulteng dan jajarannya ini lalu menuju Aula Satya Prabu untuk melakukan rapat internal kepolisian bersama Kapolres Buol dan para petinggi sekaligus perwira di jajaran Polres Buol.

Ditempat terpisah Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol, Djoko Wienarto, S. Ik., SH., MH dan di Dampingi oleh Kasie Humas Polres Buol, Iptu Ridwan, S. IP.

Ketika di tanya oleh wartawan mengenai Bantuan pengamanan Seputar Menjelang Pemilu dan pasca pemilu  dia mengatakan bahwa kedatangan Kapolda juga karena ingin dekat dan lebih mengenal anggota polisi dai bawanya sekaligus mengecek kesiapan langsung para anggota polisi yang khususnya menjaga TPS yang ada,

Ia menambahkan jumlah BKO dari Polda itu  30 personil anggota polisi dan tanggal 12 sudah berada di biol, serta dari Polres 180 personil anggota. ‘ jadi jumlah BKO dari Polda itu 30 personil dan insya Allah tanggal 12 mereka suda berada di Polres Buol ” Ungkap Kabid Humas polda kepada awak media.

Lebih jauh Djoko Wienarto menghimbau kepada seluruh warga Buol agar menjadi Polisi bagi diri sendiri  yakni menjaga keamanan dengan menutup rumah, ketika bepergian  apalagi di saat pemilu nanti. dan juga ia mengatakan agar masyarakat Buol   saling menjaga keamanan dalam pelaksanaan pemilu nanti, ujarnya  ( Papink )

Reporter: Idam ( wakaperwil jabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *