Masyarakat Kecamatan Genteng Terseyum Ketika Harga Telur Stabil

Banyuwangi.Suluhnusantara.News : Harga komoditas telur di Pasar Induk Genteng 1, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, terus stabil di angka Rp 28 ribu per kilogram, Senen 20 Mei 2024 Itu pengaruh harga pakan ayam yang tidak berubah sejak beberapa bulan lalu.

Petugas Pasar Induk Genteng 1, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Arif Kurniawan mengatakan, saat ini harga telur stabil di angka Rp 28 ribu per kilogram. Senen 20 Mei 2024 Harga itu bertahan sejak sebulan lalu.

“Tidak mengalami perubahan selama beberapa waktu,” katanya pada awak media online Suluhnusantara.News (SNN) Banyuwangi.

Menurut Arif, selama sebulan terakhir sempat ada perubahan harga telur. Tapi, itu juga tidak terlalu besar. Biasanya turun Rp 500 per kilogram, dan kadang naik Rp 1000 per kilogram.

“Sempat naik dan turun, tapi tidak besar,” ujarnya.

Harga telur yang stabil ini, menjadi kabar baik bagi para pembeli. Terutama bagi yang sedang memiliki hajat di rumahnya.

“Habis Lebaran biasanya permintaan telur cukup besar, karena dipercaya baik untuk menggelar hajatan,” kata salah satu pedagang di Pasar Induk Genteng 1, Desa Genteng Kulon, Miswati, 45, asal Dusun Sawahan, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng.

Menurut Miswati, permintaan telur saat ini meningkat, meski tidak terlalu tinggi. Dalam sehari, dia mampu menjual hingga 20 sampai 30 kilogram.

“Tidak pasti jumlah yang terjual, tetapi saat menjelang Hari Raya Idul Adha permintaan juga meningkat,” ungkapnya.

Salah satu peternak ayam petelur, Ahmad Haris, 38, asal Dusun Sumberejo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu mengatakan, harga pakan ayam petelur tetap sejak dua bulan lalu. Harga satu sak pakan ayam berisi 50 kilogram itu Rp 395 ribu.

“Alhamdulillah, tidak berubah,” katanya.

Stabilnya harga pakan ayam, lanjut dia, menyebabkan harga telur juga tetap. Sejak dua bulan lalu, ia menjual telur itu Rp 26 ribu per kilogram.

“Selama harga pakan ayam stabil, saya menjual telur Rp 26 ribu per kilogram, dan itu sudah untung,” ungkapnya.

Pewarta Pranko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *