Melestarikan Kearifan Lokal, Babinsa Serda Denni Akbar Melaksanakan Komsos Dengan Pengrajin Topi Polka

Malang//suluhnusantara.News – Babinsa Koramil 0818-05/Kepanjen Serda Denni Akbar melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Bapak Kokoh Warga desa binaan tentang kearifan lokal pembuat Topi Polka di Desa Tegalsari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, Minggu (02/06/2024).

Kegiatan Komsos yang dilaksanakan oleh Serda Denni Akbar di wilayah binaannya tersebut selain bagian dari tugas dan tanggungjawab sebagai Babinsa dalam membina wilayah teritorialnya juga bertujuan untuk mengetahui kegiatan warganya dan sekaligus bersilaturahmi serta dapat menambah wawasan Babinsa tentang bagaimana cara membuat Topi Polka dengan baik dan benar

Babinsa harus bisa manjadi suri tauladan bagi warga masyarakat binaan karena pada hakekatnya TNI terlahir dari Rakyat dan mengabdi untuk kemakmuran rakyat.

Walaupun Topi Polka ini sudah jarang digunakan di zaman modern ini, tetapi Bapak Kokoh selaku pengrajin tetap membuat Topi Polka ini karena Topi Polka ini merupakan kearifan lokal peninggalan sejarah pada saat zaman penjajahan Belanda, yang mana Topi Polka hasil karya Bapak Kokoh berbeda dengan Topi Polka aslinya, karena Topi Polka yang dibuat oleh Bapak Kokoh dibuat dengan bahan baku dari kulit kayu Jati.

Pengrajin Topi Polka menyambut kegiatan ini dan merasa terbantu dengan kehadiran Babinsa ditengah – tengah pengrajin, “Kami sangat senang dan merasa diperhatikan dengan kehadiran Bapak Babinsa, semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan agar hubungan antara TNI dan para pengrajin semain erat. Pungkasnya,” Ujar Bapak Kokoh.

Kegiatan Komsos yang dilaksanakan menjadi sarana bagi Babinsa Desa Tegalsari Koramil 0818-05/Kepanjen untuk memantau perkembangan di wilayahnya. Dengan mengetahui kondisi di lapangan secara langsung, diharapkan Babinsa dapat memberikan laporan yang akurat dan memberikan solusi yang tepat untuk setiap permasalahan yang dihadapi di wilayah binaannya.*

(eddy//pendim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *