Memperingati Hari Pangan Sedunia, Plh Sekda Mura Resmikan Gerakan Pangan Murah

Murung Raya – Suluhnusantara.News || Dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS), Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya (Mura) Hermon, yang diwakili oleh Plh Sekda Kabupaten Mura, Serampang, secara resmi membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan yang terjangkau dan terjangkau, serta menjaga stabilitas harga pangan.

Kegiatan ini berlangsung di Stadion Mini Kota Puruk Cahu dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua DPRD Mura, Doni, Unsur Forkopimda Kabupaten Mura, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, dan tamu undangan lainnya pada hari Senin, 16 Oktober 2023.

Yulianus, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mura, dalam laporannya, menegaskan bahwa pangan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Pangan tidak hanya menjadi sumber energi untuk menjaga hidup, tetapi juga terkait erat dengan masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Dalam konteks ini, kebijakan pangan menjadi fokus utama dalam pembangunan. Keterjangkauan pangan adalah kunci, baik dari segi ekonomi maupun akses fisik. Indonesia, sebagai negara dengan jumlah penduduk besar dan kekayaan alam serta sumber daya pangan yang berlimpah, harus mampu memenuhi kebutuhan pangan secara berdaulat dan mandiri.

Yulianus menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan langkah proaktif dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya yang memerlukan dukungan dari semua pihak untuk menjaga stabilitas harga pangan, sekaligus meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pangan yang terjangkau. Hal ini juga membantu petani dalam mendapatkan harga yang adil. Pemerintah berkolaborasi dengan distributor, Perum Bulog, dan pelaku usaha pangan dalam penyediaan komoditas pangan.”

Sementara itu, Plh Sekda Kabupaten Mura, Serampang, mengungkapkan apresiasinya kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya, Perum Bulog, agen/distributor pangan, dan semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan acara yang diselenggarakan di Stadion Mini Komplek Pekantoran Pemda.

Dia juga menekankan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tentang pasokan pangan, karena stok komoditas pangan utama cukup dan harganya terjangkau. Tujuan utama penyelenggaraan acara ini adalah untuk meningkatkan stabilitas harga, sehingga daya beli masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan pangan pokok.

Plh Sekda Kabupaten Mura, Serampang, berharap agar “Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Pasar Penyeimbang Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya dapat berjalan dengan lancar.”

Dengan dibukanya Gerakan Pangan Murah ini, diharapkan bahwa aksesibilitas terhadap pangan yang terjangkau akan semakin meningkat dan stabilitas harga pangan di Murung Raya dapat dijaga dengan baik. Acara ini menegaskan pentingnya kerja sama antara pemerintah, distributor, petani, dan semua pihak terkait dalam memastikan ketersediaan pangan yang memadai bagi masyarakat.

Jurnalis: M.ilmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *