MENGURAS EMOSI DAN HARU PARA TAMU, WISUDA TAHFIDZ ANGKATAN KE 3 MTs AL WASHLIYAH BAH GUNUNG KABUPATEN SIMALUNGUN.

Suluhnusantara.news,- Simalungun// Wisuda Tahfidz Qur’an dan Pentas Seni Angkatan ke III, peserta didik Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah (MTs) Bah Gunung, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun yang berlangsung di Aula Wisma Sisalana PTPN4 Regional 2 Unit Kebun Laras, Rabu (22/5/2024),pukul(08:00)wib, menguras emosi para tamu yang ikut menyaksikan, terlebih disaat para peserta didik tersebut memakaikan mahkota dan membasuh kedua telapak kaki kepada orang tuanya masing-masing.

Sesi pemakaian mahkota dan membasuh kedua telapak kaki orang tua merupakan simbolisme imbalan Allah SWT di akhirat nanti, yaitu anak yang menghafal Al-Qur’an akan memakaikan mahkota cahaya kepada kedua orang tua dan menyelamatkan mereka dari panasnya api neraka dan  juga sebagai tanda kemuliaan serta keistimewaan bagi para penghafal Al-Qur’an. Hal itu disampaikan Ketua panitia program Tahfidz MTs Al washliyah Bah Gunung yakni ” Bapak Saipul,S.Pd saat diwawancarai awak jurnalis disela-sela berlangsungnya kegiatan.

Lebih lanjut Saipul menambahkan, dari total 66 orang wisudawan/wisudawati, diantaranya adalah peserta didik MTs Al washliyah Bah Gunung kelas VII dan VIII yang mengikuti Tahfidz dengan target hafal Al Qur’an 30 Juz selama 6 bulan lamanya.

Dalam Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan Pembukaan oleh protokol dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Al Washliyah serta pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan dibawakan oleh Doni Pratama dan Saritilawah dibawakan oleh Aura Fransiska.Alhamdulillah  Siswa/i MTs Al Washliyah Bah Gunung sudah mampu untuk membaca Alquran yang baik sesuai dengan Tajwid dan Makhrojnya. Selanjutnya dalam memeriahkan kegiatan ini, para tamu undangan disambut dengan Tari Persembahan yang dibawakan oleh Siswi MTs Al-Washliyah Bah Gunung  kelas VII dan VIII,”ujar Saipul.

“Saya bangga, karena setiap tahun acara pelepasan siswa/siswi dan wisuda tahfidz juz-30 untuk anak-anak kita di madrasah ini, sungguh sangat memberikan apresiasi terhadap lingkungan kita, terutama masyarakat kita di Simalungun khususnya di Kecamatan Bandar Huluan,” ujar Penasehat PD Al Jamiatul Washliyah Kabupaten Simalungun, Juhum Damanik S.Ag., dalam sambutannya.

Menurutnya, hal tersebut tidak terlepas dari kebersamaan yang dibangun oleh Kepala MTs Al Washliyah beserta jajarannya.

“Tentu tidak luput dari bimbingan dan arahan dari Pimpinan Cabang Al Washliyah Kecamatan Bandar Huluan Bapak Poniran yang selama ini cukup aktif,” kata Juhum. 

Untuk itu, masih kata Juhum, pihaknya merasa bangga dan berterima kasih kepada masyarakat Bandar Huluan dan Bahgunung, yang telah memberikan kepercayaan anak-anaknya untuk dididik di MTs Al Washliyah Bahgunung.

“Harapan kami, mohon kepada teman-teman pers yang yang ada di Kecamatan Bandar Huluan untuk dapat bersinergi dengan MTs Al Washliyah khususnya di bahgunung dan umumnya di Kabupaten Simalungun untuk memberikan masukan, dorongan dan pencerahan kepada masyarakat bahwa inilah Al Jamiatul Washliyah yang pondasinya adalah kebersamaan dari kita, oleh kita dan untuk kita bersama,” ucap Juhum.

Dalam penyambutannya sebagai Kepala Madrasah MTs Al washliyah Bah Gunung,”Ibu Ummi Kalsum,S.Ag” menganturkan sekapur sirih untuk para tamu undangan yang turut berhadir “Bahwa capaian keberhasilan proses pendidikan murid kelas VII,VIII dan IX ini bukan saja peran sekolah saja, melainkan peran Orang Tua/Wali dan masyarakat sekitar yang turut serta berperan didalamnya. Saya juga sangat bangga atas capaian anak-anak kita yang telah Hafal Alqur’an Juz-30.

Harapan saya apa yang selama ini telah dicapai selama mengikuti pendidikan di MTs Al washliyah Bah Gunung ini  dapat diamalkan, dan jangan sekali-kali membantah Orang Tua terlebih terhadap Ibu, serta jangan tinggalkan Shalat lima waktu dan Tadarus Al-Qur’an, Tegas beliau”. Kemudian Atas nama pribadi dan Madrasah mengucapkan terima kasih atas segala kontribusinya dalam memajukan sekolah. Kepada Orang Tua/Wali Murid yang ada di sekolah agar terus jaga jalinan komunikasi, karena sinergitas perlu dijalin demi kemajuan pendidikan di MTs Al washliyah Bah Gunung.”Ucap Ummi Kalsum.

Cukup ramai yang turut berhadir di acara pentas Seni dan Wisuda Tahfidz Siswa-Siswi MTs Al washliyah Bah Gunung angkatan ke-III yakni Penasehat PD Al washliyah Simalungun”Bapak Juhum Damanik,S.Ag, Ketua PD Al Washliyah Simalungun yakni”Bapak Amrsyam Simamora,MA, Ketua Majelis Pendidikan PD Al washliyah Simalungun yakni”Bapak Doktor Dedik Lajuardi, PC Al washliyah kecamatan Bandar Huluan yakni”Bapak Poniran,Pangulu Nagori Bahgunung dan Pangulu Nagori Laras beserta stafnya, Kepala Madrasah Aliyah Bah Gunung yakni”Bapak Kusnoto,S.Ag,Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah Bah Gunung yakni”Ibu Ummi Kalsum,S.Ag, Serta seluruh tamu undangan. Dan dalam kehidmatan acara tersebut hadir juga seluruh orang tua/wali murid untuk mendampingi anak-anak mereka.

(Tito Damanik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *