Operasi Keselamatan Semeru 2024, Polres Malang Prioritaskan Keselamatan Berlalu Lintas

Malang//suluhnusantaranews – Kepolisian Resor Malang, di bawah Polda Jawa Timur, akan menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2024. Sebagai persiapan, Polres Malang telah menggelar Pelatihan Pra Operasi di Aula Polres Malang, Sabtu (2/3/2024).

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, menyampaikan bahwa Operasi Keselamatan Semeru 2024 sendiri direncanakan akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 17 Maret 2024. Tujuan utama operasi ini adalah untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas di kalangan masyarakat, khususnya di Kabupaten Malang.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan menitikberatkan pada tindakan preventif, edukatif, dan persuasive, melibatkan total 124 personel dari Polres Malang.

“Melalui operasi ini, kami berharap dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, mengurangi kecelakaan, dan fatalitas korban laka lantas. Selain itu, operasi ini diharapkan mampu meningkatkan disiplin masyarakat Kabupaten Malang dalam berlalu lintas,” jelas Ipda Dicka di Polres Malang, Sabtu (2/3/24).

Ipda Dicka menambahkan, Operasi Keselamatan Semeru 2024 akan menargetkan segala jenis pelanggaran lalu lintas, termasuk pelanggaran yang terlihat jelas seperti tidak menggunakan kelengkapan berkendara. Selain itu, kendaraan yang melawan arah dan potensi gangguan lain yang dapat menyebabkan pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas juga menjadi priorotas selama masa operasi.

Dalam konsep operasionalnya, operasi ini akan mengedepankan kegiatan preemtif (himbauan) sebesar 40%, tindakan preventif (pencegahan) sebanyak 40%, dan penegakan hukum sebesar 20%. Hal ini bertujuan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas, sesuai dengan prinsip Kamseltibcarlantas.

“Penegakan hukum yang humanis dan selektif menjadi prioritas dalam pelaksanaan operasi ini. Pendekatan ini diarahkan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terutama menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H/2024 di wilayah hukum Polres Malang,” jelasnya.

Ipda Dicka juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta suasana berlalu lintas yang aman, tertib, dan lancar.

“Operasi Keselamatan Semeru 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam membangun kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas di Kabupaten Malang,” pungkasnya.

(Eddy//rlshmsresma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *