PAC Pemuda Pancasila Pegandon Kendal Bakti Sosial Urug Lokasi Pembuangan Sampah Liar

Kendal, Suluh Nusantara News — Salah satu Program kerja PAC Pegandon Pemuda Pancasila adalah bersih bersih dan penghijauan desa, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Pegandon, menggelar kerja bakti di wilayah Desa Puguh, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal, Minggu (5/5/2024).

Kegiatan Kerja bakti dengan cara menguruk tempat yang disinyalir jadi tempat pembuangan sampah liar, yang diikuti puluhan anggota Pemuda Pancasila, dengan dibantu oleh warga setempat dan juga Kepala Desa Puguh Rudiyanto.

Ketua PAC Pemuda Pancasila Pegandon, Faturohman mengatakan, kegiatan yang ia lakukan bersama anggota dan juga warga, sebagai aksi keprihatinan atas tindakan oknum pembuang sampah yang tidak bertanggung jawab di wilayah Desa Puguh.

“Ya kegiatan kerja bakti berupa bersih bersih dan pengurugan lokasi yang digelar, berkoordinasi dengan Kepala Desa Puguh, Bapak Rudiyanto. Karena kami merasa prihatin dengan banyaknya sampah yang dibuang di lokasi ini secara liar oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Gus Fat sapa’an akrabnya menegaskan, pihaknya bersama pemerintah desa akan melaksanakan pengawasan di sekitar lokasi, untuk mengetahui, siapa oknum pembuang sampah tersebut.
“Kami juga memasang spanduk di sekitar lokasi untuk memberi imbauan, supaya oknum yang tidak bertanggung jawab, tak mengulangi perbuatannya,” tandasnya.

Selain itu apabila ada oknum yang kepergok membuang sampah liar, pihaknya akan melaporkan dan berkoordinadi dengan pihak Pemerintah Desa Puguh untuk ditindak lanjuti.

“Ya kita sifatnya hanya membantu menjaga lingkungan, supaya tidak ada oknum pembuang sampah liar lagi di sini, supaya lingkungan jadi bersih dan sehat. Untuk tindakan kepada pelaku pembuang sampah kita serahkan kepada pihak desa,” tandasnya.

Dilokasi yang sama, Muhammad Sunoto Hanan sebagai Pembina Pemuda Pancasila PAC Pegandon, menyampaikan dan sangat berharap, organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila yang dalam bina’anya membuat program kerja yang bermanfaat langsung kepada masyarakat, semisal bakti sosial resik resik desa dan penghijauan di lokasi lokasi yg membutuhkan, bahkan nguri nguri budaya kearifan lokal seperti melakukan rutinan pengajian dan maulidan serta kegiatan spiritual keagamaan lainya. Program kegiatan ini juga akan berlanjut ke desa desa lainya se-kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal Tandasnya yang juga perintis dan pendiri Pesantren Juara yg ada di desa Pekuncen kecamatan Pegandon kabupaten Kendal dalam naungan yayasan Putra Putri Abinawa yg ber SK KUMHAM sejak 2009.

Sementara itu, Kepala Desa Puguh Rudiyanto mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan anggota Pemuda Pancasila Pegandong atas kepeduliannya kepada lingkungan Desa Puguh.

Menurut kades muda tersebut, persoalan sampah masih menjadi masalah utama diberbagai tempat. Dirinya menyebut, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan masih sangat kurang.

“Ya begitu melihat ada lokasi yang bagus untuk membuang sampah, kemudian si oknum mencoba membuang di lokasi itu. Jika aman, kemudian diulang-diulang kembali. Dan akhirnya, oknum lain yang melihat ada tumpukan sampah, jadi ikut-ikutan membuang sampah di sini,” ujar Rudiyanto.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *