Panen Padi Bersama Tiga Kelompok Tani di Murung Raya, Wujudkan Kemandirian Pangan

Murung Raya, Suluhnusantara.news – Pj Bupati Murung Raya (Mura), Dr. Hermon Msi, turut menghadiri kegiatan panen padi bersama tiga kelompok tani binaan Dinas Pertanian dan Perikanan dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan. Kegiatan ini, yang pertama kali dilaksanakan sejak tahun 2011, berlangsung di kawasan persawahan DAM Jalan Mahir Mahar, Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, pada Selasa (5/3/2024) pagi.

Panen padi dalam program Dinas Pertanian dan Perikanan ini mendapat apresiasi dari Pj Bupati karena komoditas tersebut merupakan indikator inflasi di daerah.

“Komoditas padi/beras merupakan indikator inflasi yang menjadi sorotan nasional saat ini. Tetapi saya minta hal ini bukan menjadi beban, namun jadikanlah untuk merealisasikan kemandirian pangan yang wajib kita capai,” kata Hermon.

Selain itu, Hermon juga berharap agar dinas teknis terkait dapat bekerja sama dalam mewujudkan kemandirian pangan untuk meningkatkan hasil produksi dan kesejahteraan petani, seperti Kelompok Tani (Poktan) DAM Raya, Teluk Raya, dan Berjaya.

“Peran penyuluh pertanian perlu dimaksimalkan untuk mencapai target dalam bidang pertanian ini. Selain itu, kita juga mendorong masyarakat untuk lebih memilih produk-produk pertanian,” tambahnya.

Kegiatan panen padi ini tidak hanya merupakan langkah untuk mencapai kemandirian pangan, tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani serta memperkuat sektor pertanian di daerah.

Diharapkan, dengan kolaborasi antara pemerintah, petani, dan masyarakat, sektor pertanian di Murung Raya akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kehidupan ekonomi masyarakat setempat.**

(M.Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *