Pelatihan Kader Posyandu: Langkah Mura untuk Atasi Stunting

Langkah Mengatasi Stunting

Murung Raya, Suluh Nusantara News — Pj Bupati Murung Raya Hermon memimpin kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Murung Raya dalam upaya menanggulangi stunting. Acara berlangsung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang Puruk Cahu pada Kamis (30/11/2023).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan Kader Posyandu dari sejumlah kecamatan, seperti Tanah Siang Selatan, Tanah Siang, Murung, dan Sungai Babuat.

Pj Bupati Hermon menyatakan bahwa peningkatan peran Kader Posyandu adalah tanggung jawab bersama, menggarisbawahi peran kader sebagai penyampai informasi kesehatan dan penggerak masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat.

Menyoroti permasalahan mendasar, Hermon menekankan kurangnya pengetahuan kader baik dari segi akademis maupun teknis sebagai hambatan utama. “Kader adalah ujung tombak kegiatan Posyandu. Keberadaan mereka sangat penting untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah memberikan pembinaan dan bantuan teknis kepada Kader Posyandu Tingkat Kabupaten. Kepala DPMD Kabupaten Murung Raya Lynda Kristine mencatat prevalensi stunting sebesar 40,9% berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia 2022. Dengan target menurunkan angka tersebut menjadi 14% pada 2024, Kabupaten Murung Raya menetapkan langkah-langkah strategis.

“Sangat penting bagi kita untuk tetap optimis dan tidak lengah dalam menghadapi masa depan. Melalui upaya ini, kita merawat anak-anak bangsa, yakin bahwa mereka akan menjadi pilar bangsa di masa yang akan datang,” tutup Lynda Kristine.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *