Pemanfaatan Teknologi dalam Pengelolaan Data Menggunakan Sigmon, Diskominfo SP Mura Gelar Bimtek

Murung Raya – Suluhnusantara.News || Dalam upaya untuk memajukan kemajuan teknologi dan meningkatkan pengelolaan data, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Murung Raya (Mura) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek).

Acara ini berlangsung di Aula Balairung Abdi Praja, Kantor Kecamatan Murung pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Giat tersebut fokus pada pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan data menggunakan Aplikasi Signal Monitoring/Pengukur Signal, atau yang dikenal sebagai “Sigmon.”

Aplikasi Sigmon telah menjadi andalan Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI untuk memeriksa serta memantau kualitas layanan nirkabel di seluruh Indonesia, dengan perhatian khusus terhadap Kabupaten Murung Raya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan ketersediaan layanan internet yang memadai bagi seluruh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.

Saat membuka kegiatan Bimtek Aplikasi Sigmon, Sekretaris Dinas (Sekdis) Diskominfo SP Kabupaten Murung Raya, Eberson, menjelaskan peran penting Sigmon dalam mengawasi layanan internet.

Ia menekankan bahwa aplikasi ini digunakan untuk memeriksa dan memantau kualitas layanan nirkabel di wilayah Indonesia.

“Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat di seluruh negeri mendapatkan layanan internet yang berkualitas,”ungkapnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Persandian, H. Ahmad Syafii, menjelaskan bahwa Sigmon memungkinkan pengguna untuk menguji kecepatan dan performa koneksi internet dengan menggunakan fitur signal speed test.

“Aplikasi Sigmon dapat diakses melalui situs web sigmon.kominfo.go.id dan juga melalui aplikasi mobile yang dapat beroperasi pada perangkat iOS dan Android,” jelasnya.

Ahmad Syafii juga menekankan bahwa Sigmon adalah aplikasi real-time melaporkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) mengenai kualitas sinyal seluler digunakan oleh pengguna secara berkala.

Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai desa, kelurahan, dan kecamatan yang ada di Kecamatan Murung.

Peserta mendapatkan pelatihan langsung dalam pengoperasian aplikasi Sigmon, bertujuan untuk memastikan pemanfaatan teknologi ini dapat berjalan secara efisien dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat setempat.*

(M.ilmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *