Pemdes Puruk Kambang Gencar Cegah Stunting Melalui Program PMT Untuk Balita dan Bumil

Murung Raya, Suluhnusantara.news – Pemerintah Desa (Pemdes) Puruk Kambang, Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya (Mura), terus mengambil langkah nyata dalam menangani stunting di wilayahnya dengan menggelar program rutin Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita dan ibu hamil (bumil). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah stunting yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, terutama di Kabupaten Murung Raya, Selasa (20/02/2024).

Menurut Kepala Desa Puruk Kambang, Rudi Hartono, kegiatan ini menjadi salah satu upaya awal yang penting dalam menangani masalah stunting. “Hari ini, kami bersama aparat desa melaksanakan kegiatan rutin pemberian makanan tambahan untuk anak stunting, balita, dan pemberian susu untuk Ibu hamil,” ujarnya.

Stunting, yang merupakan gagal tumbuh akibat kekurangan zat gizi, dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan, terutama dari masa kehamilan hingga usia 24 bulan. Oleh karena itu, program ini sangat penting untuk menciptakan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal bagi anak-anak.

Rudi Hartono juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan secara teratur, dengan pemberian PMT untuk anak stunting dilakukan tiga kali seminggu, sementara untuk bumil dilakukan setiap tanggal 10 setiap bulannya. Program ini melibatkan pemberian susu, makanan tambahan, vitamin, serta pemeriksaan pertumbuhan anak-anak dan Ibu hamil.

Dukungan dari pihak PT. Indo Muro Kencana (IMK) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) serta kerjasama dengan tenaga kesehatan menjadi modal penting dalam kelancaran program ini.

Rudi Hartono menyampaikan harapannya agar jumlah anak stunting di Desa Puruk Kambang dapat terus berkurang. “Tahun lalu, jumlah anak stunting di desa ini mencapai 6 orang, namun pada tahun 2024 ini hanya tinggal 4 orang, sehingga terjadi penurunan sebanyak 2 orang,” ungkapnya.

“Harapan ke depan, semoga jumlah anak stunting bisa semakin berkurang dengan adanya program rutin yang kami lakukan,” tambahnya.

Dengan adanya upaya yang terus dilakukan oleh Pemdes Puruk Kambang, diharapkan masalah stunting dapat diminimalisir dan menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas di masa mendatang.**

(M.Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *