Pemerintah Kabupaten Murung Raya Turut Hadir dalam Forum Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah

Palangka RayaSuluhnusantara.news – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) aktif berpartisipasi dalam Forum Perangkat Daerah Kalimantan Tengah 2024 yang diadakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, pada hari Senin (25/3/2024).

Dalam kehadirannya, Asisten II Setda Kabupaten Mura, Ferry Hardi, didampingi oleh para kepala perangkat daerah terkait. Forum tersebut dianggap sebagai bagian penting dari proses perencanaan yang memfasilitasi sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan yang sesuai dengan tugas perangkat daerah provinsi serta kabupaten/kota.

Hasil dari forum ini akan menjadi landasan untuk penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi Tahun 2025 serta rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi. Proses ini diharapkan dapat memberikan klarifikasi yang diperlukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi yang direncanakan pada tanggal 18 April 2024.

Menurut Wagub Edy Pratowo, penyusunan RKPD Tahun 2025 mengacu pada dokumen RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 – 2026, serta mengambil pedoman dari rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 yang mengusung tema “Superhub Ekonomi Nusantara” untuk wilayah Kalimantan. Sementara itu, Kalimantan Tengah sendiri menetapkan tema “Lumbung Pangan Nasional dan Pusat Konservasi Internasional”, dengan fokus pada transformasi untuk mengurangi kesenjangan.

“Tema dan arah kebijakan ini diharapkan dapat memberikan panduan yang dibutuhkan bagi pemerintah daerah dalam menjaga kesinambungan pembangunan antar perencanaan Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional,” tambahnya.(Hms/Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *