Pemkab Mura Berikan Solusi untuk Stabilitas Pangan, Pasar Murah di Kecamatan Tanah Siang

Murung Raya, Suluh Nusantara News — Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Murung Raya telah kembali menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kecamatan Tanah Siang pada Senin (1/4/2024). Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Pemerintah dalam memastikan stabilitas pasokan dan harga pangan, serta untuk menekan laju inflasi daerah dan meringankan beban masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh Perum Buog, para agen/distributor pangan, serta pihak-pihak lainnya, yang menjalankan sinergi dan kolaborasi untuk menjalankan Gerakan Pangan Murah secara serentak di seluruh Indonesia.

Sekretaris DKP Kabupaten Mura, Indah Pariannoor, menjelaskan bahwa dengan diterbitkannya Perpres 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional dan Perkabadan Nomor 2 Tahun 22 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pangan Nasional, kegiatan ini menjadi strategis dalam menentukan ketersediaan dan stabilisasi pangan di tingkat nasional.

“Gerakan Pangan Murah menjadi kegiatan strategis penting untuk mengendalikan inflasi tahun 2024 serta untuk mengantisipasi dan menanggulangi gejolak yang mungkin timbul akibat situasi ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan, baik di tingkat produsen maupun konsumen,” ungkap Indah.

Ia menambahkan bahwa Gerakan Pangan Murah, selain menjadi program nasional, juga telah menjadi program daerah dalam upaya mewujudkan Kabupaten Murung Raya yang bebas inflasi dan aman dalam ketersediaan pangan.

Sementara itu, Sekcam Tanah Siang, Ronaldy Kwitano, menyambut baik kegiatan pasar murah ini. Ia berharap warga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbelanja kebutuhan mereka, terutama menjelang perayaan Lebaran ketika sejumlah harga cenderung naik.

“Pasar murah ini sangat membantu warga, terutama saat ini menjelang Lebaran ketika sejumlah harga melonjak. Kami berterima kasih atas penyediaan bahan pokok yang disediakan,” ujarnya.

Barang sembako yang tersedia meliputi beras, gula, telur, bawang merah, minyak goreng, kecap, teh, dan sembako lainnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *