Pemkab Murung Raya  Baksos Program TNI Manunggal Air,  Kolaborasi Sukses Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Murung Raya, Suluhnusantara.news – Penjabat Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Hermon, turut serta dalam kegiatan bakti sosial yang menandai peresmian sumur bor dalam rangka program TNI Manunggal Air. Acara yang diselenggarakan di halaman Masjid Agung Al-Istiqlal di Puruk Cahu pada Kamis (25/01/2024).

Hal  ini, mendapatkan dukungan melalui video conference (Vicon) bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini melibatkan seluruh satuan TNI yang berada di bawah komando Kodam 12 Tanjungpura, mencakup Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Perwira penghubung Kodim 1013 Mtw, Heru Widodo, menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut tidak hanya meresmikan sumur bor, tetapi juga memasukkan aspek kemanusiaan dengan pembagian paket sembako kepada masyarakat kurang mampu, ibu hamil, anak yatim piatu, dan anak stunting.

“Kami menyediakan 600 paket bantuan, dengan alokasi khusus untuk anak stunting sebanyak 150 paket, ibu hamil 10 paket, anak yatim piatu 100 paket, dan warga kurang mampu sebanyak 250 paket,” ujar Heru.

Selain itu, dalam rangka program rehab rumah layak huni, satu warga dari Desa Maruwei Kecamatan Laung Tuhup menerima kunci rumah baru, sementara lima ekor kambing diserahkan kepada dua pondok pesantren.

Program sumur bor juga diterapkan di Desa Pendreh, Kabupaten Barito Utara, dan di samping Masjid Agung Al-Istiqlal di Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya, dengan kedalaman mencapai 80 meter.

Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon, menyatakan bahwa program TNI Manunggal telah menjadi komitmen bersama untuk membantu masyarakat, mencakup penanganan stunting, kebencanaan, kemiskinan ekstrim, dan dukungan kegiatan sosial lainnya. Hermon juga menyuarakan minat untuk berkolaborasi dengan TNI dalam menyediakan air bersih untuk desa-desa yang membutuhkan.

“Bila berkolaborasi dengan TNI, akan lebih hemat anggaran karena untuk tenaga kerja tidak perlu banyak memakan biaya, sehingga fokus pada penyediaan material utama. Kolaborasi ini dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi anggaran yang tersedia,” tambah Hermon.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai unsur pejabat, termasuk Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Murung Raya, Rudie Roy, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Murung Raya AKBP Irwansah, perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Murung Raya, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

(M.Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *